KIP, KIS dan KKS Akan Digabung Jadi Kartu Combo

KIP, KIS dan KKS Akan Digabung Jadi Kartu Combo Khofifah

PANGKALPINANG, BANGSAONLINE.com - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa berencana menggabungkan (KIP), (KIS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Nantinya akan ada satu kartu khusus yang menggabungkan fungsi ketiganya agar lebih efisien.

"Nanti akan jadi satu kartu yang bisa dipakai untuk semua, warnanya merah putih. Ibu-ibu nggak perlu repot lagi punya banyak kartu," kata Khofifah dalam acara Deklarasi Pangkalpinang sebagai Kota Bebas Gelandangan, Anak Jalanan dan Pencanangan Rumah Sejahtera di Rumah Dinas Wali Kota Pangkalpinang, Jl Merdeka, Pangkalpinang, Babel, Jumat (12/8).

Dia menjelaskan, tersebut saat ini sudah mulai diujicobakan di Kota Malang. Nantinya pencairan dana Program Keluarga Harapan Sejahtera (PKH) melalui kartu itu hanya dapat dilakukan dalam bentuk non tunai.

Pihaknya telah menggandeng 4 BUMN untuk menyukseskan program tersebut, yakni Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN. Pembinaan hingga pemeliharaan kartu juga akan dilakukan oleh keempat bank mitra itu.

"Intinya bansos diberikan dalam bentuk non tunai. Supaya kemungkinan terjadinya miss address dan pemotongan (oleh oknum) bisa dihindari," katanya.

Kartu ini nantinya dapat digunakan oleh semua warga, dari nelayan hingga petani, dari pencairan subsidi LPG 3 kg, subsidi listrik hingga PKH. Di dalam kartu tersebut juga akan ada keterangan alokasi dana.

"Nanti akan keluar print outnya. Misalnya dia terima PKH sekian, raskin sekian, pupuk sekian, akan bisa dibaca print out di masing-masing warung," terangnya.

Lihat juga video 'Marah Lagi! Mensos Risma Bentak-Bentak Pendamping PKH, ini Tanggapan Gubernur Gorontalo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO