Dicaci Bangsa Sendiri, Kostum Olimpiade Indonesia Dipuji di Luar Negeri

Dicaci Bangsa Sendiri, Kostum Olimpiade Indonesia Dipuji di Luar Negeri Seragam Kontingen Indonesia banjir pujian saat pembukaan Olimpiade Rio 2016 di Stadion Maracana, Rio, Sabtu (6/8).

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Kostum yang digunakan kontingen Indonesia pada upacara Pembukaan Olimpiade 2016 Rio de Janeiro menjadi bahan pembicaraan di kalangan netizen media sosial. Tidak sedikit yang mengkritik namun banyak pula yang memuji.

Hal ini terlihat dari cuitan seorang wartawan harian Wall Street Journal, Ahmed yang menulis sampai saat ini kontingen Indonesia menampilkan kostum yang paling impresif.

Di tengah riuh di kalangan netizen itu, Menpora Imam Nahrawi mengaku bangga dengan kostum defile yang digunakan kontingen Indonesia.

“Kami bangga menunjukkan kekayaan warisan budaya Indonesia pada pembukaan Olimpiade 2016 yang disaksikan penonton dan warga dunia,” kata Menpora yang turut menghadiri upacara pembukaan Olimpiade 2016 di Stadion Maracana, Brasil.

Menpora mengakui, seragam defile Indonesia tersebut banyak mendapat kritikan dan cacian di dalam negeri. Banyak netizen yang tidak menyukai desain blazer batik merah putih dengan motif garuda besar yang berada di tengah blazer. Seragam ini dirancang oleh Prima Suci Ariani.

Namun, Menpora justru lega karena masyarakat dunia banyak yang mengacungi jempol, bahkan ada yang menilainya sebagai kostum defile terbaik pada upacara pembukaan pesta olahraga paling akbar di kolong langit yang berlangsung di Negeri Samba tersebut. Media Inggris Daily Mail menyebut bahwa seragam Indonesia merupakan salah satu yang terbaik berkat penampilannya yang royal. USA Today juga menempatkan seragam Indonesia di antara yang terbaik.

Sanjungan dan acungan jempol memang banyak ditujukan pada tiga orang di bagian tengah yang menggunakan kostum adat kebaya merah-emas dengan hiasan mahkota besar. Keragaman kekayaan pakaian adat yang ditunjukkan saat parade atlet pada upacara pembukaan tersebut rupanya cukup menyita perhatian penonton.

Seperti diketahui, saat defile pembukaan, atlet lompat jauh Maria Londa yang memakai kebaya dan kain serba putih dengan rambut berhias sanggul ala Bali tampak paling depan seraya memegang tonggak bendera Merah Putih. Di belakang Maria terlihat sepasang model memakai baju adat Lampung dan masih ada seorang lain yang mengenakan pakaian adat Papua.

Kemudian diikuti para atlet dan jajaran kontingen mengenakan seragam bermotif batik didominasi warna merah putih dengan bagian atas seragam terdapat lambang garuda yang besar. Mereka juga memakai ikat kepala atau juga disebut udeng. Semuanya tampil bangga dan penuh percaya diri mewakili Indonesia.

Sumber: merdeka.com/detik.com

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO