Pembangunan Jalan Cor Beton di Bojonegoro Dianggarkan Rp 1 Triliun

Pembangunan Jalan Cor Beton di Bojonegoro Dianggarkan Rp 1 Triliun Jalan poros kecamatan yang diaspal cepat rusak, sehingga pemkab melakukan pembangunan dengan sistem cor beton. foto: eky nurhadi/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com – Setelah program pavingisasi sebagian jalan jalur antar kecamatan di Bojonegoro, kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat getol membangun jalan antar kecamatan dengan kontruksi baja dan beton dengan ketebalan 25 centimeter yang disebut beton alias cor.

Dalam pembangunan jalan beton itu Pemkab menyediakan anggaran senilai Rp1 triliun. Saat ini sejumlah jalan penghubung kecamatan telah dibangun cor beton.

Bupati Bojonegoro, Suyoto, atau biasa disapa Kang Yoto mengatakan, pembangunan jalan memakai cor beton itu dipilih lantaran kondisi tanah di Bojonegoro merupakan tanah gerak. Jalan kecamatan banyak yang diaspal tetapi mudah bergelombang dan rusak karena tekstur tanahnya yang gerak.

“Jalan aspal yang rusak itu dibongkar lalu dibangun jalan cor beton. Memang biayanya agak mahal tetapi cor beton ini lebih kuat mengatasi kondisi tanah yang gerak,” ujar Kang Yoto, Selasa (24/5/16).

Menurutnya, setelah dilakukan ujicoba jalan cor beton itu dinilai lebih kuat menahan kondisi tanah gerak yang ada di wilayah Kota Ledre. Namun, jalan cor beton itu hanya digunakan untuk jalan poros kecamatan. Sedangkan, untuk jalan poros desa dan lingkungan tetap memakai paving seperti yang sudah berjalan selama ini.

“Jalan cor beton ini menahan agar tanah tidak gerak. Sedangkan, jalan paving mengikuti kondisi tanah yang gerak,” ujarnya.

Menurut Kang Yoto, jalan cor beton telah dibangun di sejumlah kecamatan yakni di Gayam, Kalitidu, Kanor, Baureno, Sumberejo, Sekar, dan Gondang. Jalan cor beton ini menggunakan konstruksi baja dan beton dengan ketebalan 25 sentimeter.

Pembangunan jalan di Bojonegoro, kata Kang Yoto, menjadi salah satu prioritas. Namun, kata dia, pembangunan jalan itu sebelumnya tidak bisa dikerjakan lantaran terbatasnya anggaran yang dimiliki.

“Saat ini anggarannya sudah ada untuk membangun jalan poros kecamatan itu,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO