PPDB Jember, Dispendik Buka Jalur Khusus Penghafal Alquran

PPDB Jember, Dispendik Buka Jalur Khusus Penghafal Alquran Anak-anak sedang menghafal Alquran. foto: ilustrasi

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kabar gembira bagi para penghafal Alquran yang akan menjadi peserta didik baru pada Tahun Ajaran 2016/2017 mendatang di Jember. Dinas Pendidikan (Dispendik) Jember akan membuka jalur khusus penerimaan peserta didik baru (PPDB) bagi para penghafal Alquran.

Kepala Dispendik Pemkab Jember, Bambang Hariono, pada sejumlah wartawan menjelaskan, setiap tahun ajaran baru, PPDB menggunakan dua jalur. Jalur pertama yakni jalur tes tulis (reguler) dengan mempertimbangkan hasil tes tulis dan nilai UN.

"Sedangkan jalur kedua merupakan jalur prestasi baik akademik maupun nonakademik," jelas Bambang.

Menurut Bambang, pada tahun tahun sebelumnya, belum ada jalur khusus bagi para calon peserta didik baru yang memiliki kemampuan menghafal Alquran. Padahal, kemampuan menghafal Al-Quran merupakan salah satu prestasi yang harus dikembangkan.

"Untuk itu, untuk tahun ajaran 2016/2017, Dispendik membuka PPDB melalui jalur khusus bagi para penghafal Alquran,"ucapnya kepada awak media.

Lebih jauh Bambang menjelaskan, sejauh ini pihaknya masih menggodok formulasi PPDB melalui jalur prestasi bagi para penghafal Quran. Pihaknya akan menentukan berapa juz yang harus dihafalkan calon peserta didik baru di setiap tingkat pendidikan. (jbr1/yud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO