Puluhan Personel Polres, BNNK dan Kodim Sidoarjo Dites Urine Dadakan

Puluhan Personel Polres, BNNK dan Kodim Sidoarjo Dites Urine Dadakan

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Genderang perang terhadap bahaya narkoba terus ditabuh aparat penegak hukum. Guna mengantisipasi penyalahgunaan narkoba, puluhan personil dari beberapa instansi melakukan tes urine mendadak di Mapolres Sidoarjo, Sabtu (9/4).

Selain kepolisian, tes urine tersebut juga dijalani oleh personil BNNK Sidoarjo dan Kodim 0816 Sidoarjo.

Mulanya, kegiatan diadakan dalam rangka silaturahmi. Polres Sidoarjo mengundang instansi lain untuk berolahraga bersama. Nah, setelah kegiatan berlangsung, mendadak seluruh personil didaftar dan diharuskan mengeluarkan urine di tempat khusus yang dijaga petugas propam. Urine kemudian langsung dites.

“Dari 70 personil yang di tes urine, hasilnya semua negatif,” kata Kapolres Sidoarjo AKBP Muhammad Anwar Nasir SIK MH

Dia menjelaskan, peredaran narkoba saat ini sangat memprihatinkan. Barang haram tersebut telah beredar luas di berbagai kalangan masyarakat. Untuk itu, diperlukan langkah pencegahan agar aparat penegak hukum tidak ikut terlibat. Salah satunya caranya dengan melakukan tes urine mendadak. “Semua komandan dari instansi sepakat untuk melakukan tes urine,” jelasnya.

Sebagai pelopor penegakan hukum, lanjut Anwar, memang sudah seharusnya polisi, BNN, dan TNI menjadi contoh bagi masyarakat. “Kita akan terus bersama-sama memberantas penyalahgunaan narkoba di masyarakat,” ucapnya.

Mantan Kapolres Nganjuk itu mengatakan, pihaknya siap setiap saat untuk kembali menjalani pemeriksaan tes urine. Menurutnya, kegiatan seperti itu akan kembali diadakan secara acak dan mendadak.

“Beberapa personil kita khawatirkan terlibat dengan narkoba. Setelah ini, kita atensikan kapolsek jajaran untuk melakukan hal serupa bagi anggotanya,” ujarnya.

Sementara Komandan Kodim 0816 Sidoarjo, Letkol Inf Andre Julian sangat mendukung kegiatan tes urine mendadak tersebut. Menurutnya, komitmen untuk memerangi bahaya narkoba memang harus selalu dipegang oleh setiap personil.

“Beberapa waktu yang lalu kita juga melakukan tes urine mendadak secara internal dan hasilnya negatif,” paparnya. (cat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO