Sabtu, 21 September 2019 14:51

Kabupaten Blitar Pindah Ibu Kota, Pasar Kanigoro akan Diubah Jadi Ruang Terbuka Hijau

Kamis, 17 Maret 2016 02:20 WIB
Kabupaten Blitar Pindah Ibu Kota, Pasar Kanigoro akan Diubah Jadi Ruang Terbuka Hijau
Pasar Kanigoro yang akan dijadikan ruang terbuka hijau.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Perpindahan ibu kota Kabupaten Blitar ke kecamatan Kanigoro membuat beberapa fasilitas umum di daerah itu harus dibenahi. Salah satunya adalah pasar Kanigoro, yang rencananya akan segera direlokasi. Perpindahan sendiri sudah dimulai dengan kantor sekretariat pemerintah kabupaten Blitar, dan beberapa kantor satuan kerja pemerintah daerah (SKPD).

Dalam waktu dekat pasar Kanigoro akan segera digusur dan dialihfungsikan menjadi ruang terbuka hijau (RTH).

Anggota komisi III DPRD kabupaten Blitar Fatoni menyatakan hal itu sesuai dengan amanat peraturan daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2013 tentang rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Blitar 2011-2031.

"Sesuai rencana detail tata ruang kecamatan (RDTK), pasar Kanigoro akan direlokasi ke tempat lain," ungkap dia, Rabu (16/3).

Saat ini pihaknya tengah mempertimbangkan beberapa tempat untuk relokasi pasar Kanigoro. Salah satu di antaranya adalah di desa Bangle kecamatan Kanigoro.

Masih kata Fatoni, selain akan dibangun RTH, nantinya ruas jalan di sekitaran pasar Kanigoro juga akan dilebarkan. Mengingat kawasan di bundaran perempatan pasar Kanigoro merupakan kawasan yang arus lalu lintasnya cukup ramai.

"Karena akan jadi pusat kota, maka semua sarana dan prasarana harus diperbaiki", lanjut Fatoni. Meski demikian sampai saat ini belum jelas kapan rencana relokasi itu terealisasi. Karena tergolong proyek yang cukup besar maka memerlukan perencanaan yang matang.

Sementara sebelumnya kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) kabupaten Blitar Krisna Triatmanto menjelaskan, pembangunan RTH akan dilakukan bertahap. Mengingat kebutuhan anggaran yang cukup besar.

"Kebutuhan anggaran cukup besar , jadi akan kita lakukan bertahap sesuai anggaran yang tersedia", ungkap Krisna. Krisna juga menambahkan anggaran yang digunakan untuk pembangunan RTH itu akan diambilkan dari beberapa satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) yang berkantor di Kanigoro.

Pembangunan RTH di Kanigoro sendiri ditargetkan akan dimulai pada 2017 nanti. karena saat ini pemkab Blitar masih fokus pada pengembangan RTH dan taman kota di kecamatan Wlingi. "Saat ini kami masih fokus di Wlingi, tapi kalau proyek di Wlingi sudah selesai, proyek di Kanigoro akan segera kami laksanakan", imbuh Krisna.(tri/ns)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...