Jalani Operasi Pemisahan Organ, Kembar Siam Dempet Perut di Sidoarjo Meninggal Dunia

Jalani Operasi Pemisahan Organ, Kembar Siam Dempet Perut di Sidoarjo Meninggal Dunia foto: merdeka.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Salah satu bayi dempet perut dari pasangan Yohanes Dwi Putra (37) dan Dianatalia (32), asal Jalan Sunandar Priyosudarmo, Kecamatan Candi, Sidoarjo meninggal setelah menjalani operasi pemisahan organ oleh tim dokter RSUD Dr Soetomo Surabaya di ke Gedung Pusat Bedah Terpadu (GPBT) RSUD Dr Soetomo Surabaya.

"Salah satu bayi yang bernama Natalie Ivone Victoria meninggal dunia setelah menjalani operasi emergency demi keselamatan salah satu bayi. Jika tidak dilakukan operasi, maka keduanya akan meninggal," kata Kepala Neonatologi RSUD Dr Soetomo, Dr dr Agus Harianto SpA(K), di RSUD Dr Soetomo, dilansir dari merdeka.com Selasa (22/12).

Ia mengatakan, setelah melakukan pengamatan secara resusitasi dan observasi dari hari Senin (21/12) malam, hasilnya menyatakan bahwa kondisi bayi siap dioperasi, sehingga pada pukul 08.00 kemarin telah dilakukan operasi dan dapat dipisahkan.

"Operasi selesai sekitar pukul 12.00 dan berhasil dipisahkan, namun takdir berkehendak lain karena salah satu dari bayi yang bernama Natalie Ivone Victoria hanya bisa bertahan selama kurang lebih satu jam yang disebabkan memiliki kelainan usus dengan kondisi usus membelit dan nampak keluar," ujarnya.

Sementara itu, Dokter spesialis bedah anak, Dr. Poerwadi mengungkapkan adanya kesulitan ketika melakukan pemisahan karena berat badannya kecil dan waktu proses lahirnya juga secara prematur yaitu 32 minggu.

"Bayi pertama Ivana, kondisinya juga belum stabil karena kondisi jantungnya belum menutup sempurna dan pembuluh darahnya bocor, sehingga pasca operasi akan kami pindahkan ke ICU untuk pengawasan intensif di ruang ICU," paparnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO