Rabu, 12 Agustus 2020 22:07

BPBD Bojonegoro Perbaiki Sementara Tanggul Bengawan Solo yang Kritis

Senin, 21 Desember 2015 10:40 WIB
Editor: nur syaifudin
Wartawan: eky nurhadi
BPBD Bojonegoro Perbaiki Sementara Tanggul Bengawan Solo yang Kritis
foto: eki nurhadi/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro melakukan perbaikan tanggul sungai Bengawan Solo di Desa/Kecamatan Kanor yang kondisinya kritis. Itu dilakukan mengingat air Bengawan Solo akan segera naik, mengantisipasi jebolnya tanggul itu BPBD langsung bergerak cepat.

"Mengantisipasi jika sewaktu-waktu tanggul itu jebol. Karena kondisinya sudah kritis," Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Andik Sudjarwo, Senin (21/12) pagi.

Menurut Andik, tanggul yang kritis itu panjangnya hampir 40 meter. Tanggul tampak longsor ke dalam sungai dan menyeret pepohonan di atasnya. Longsornya tanggul itu dipicu pasang surutnya air sungai. Selain itu posisinya tanggul yang longsor berada di tikungan.

"Karena posisinya di tikungan, akhirnya sering terkena hantaman air," papar Andik.

Andik menjelaskan, perbaikan tanggul itu dengan model kontruksi "sand bag" atau lokasi yang longsor diuruk kembali dengan karung yang berisi tanah dan pasir. Sebelum diuruk ribuan karung berisi tanah, di bagian bawah tanggul akan ditancapi kayu bambu kemudian dipasang anyaman bambu atau gedek.

"Setelah itu baru kita isi seribu lebih karung yang berisi tanah," jelas dia.

Perbaikan kali ini, kata dia, hanya sementara alias darurat mengingat tanggul di barat perkampungan warga itu kondisinya sudah kritis. Sementara perbaikan secara permanen, akan dilakukan pada pertengahan 2016 mendatang oleh UPT Bengawan Solo Bojonegoro.

"Yang penting saat ini aman dulu. Karena jika tanggul itu jebol dapat mengancam ribuan kepala keluarga juga ribuan hektare persawahan," tandas dia.

Pantauan BANGSAONLINE.com di lapangan, perbaikan tanggul yang longsor sejak pertengahan 2014 itu dibantu ratusan warga sekitar. Selain puluhan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan TNI, masyarakat tampak turut bergotong-royong membantu memperbaiki tanggul.

Ahmad Kirom (34), salah satu warga setempat mengaku ikut membantu memperbaiki itu karena dia takut sewaktu-waktu tanggul sungai terpanjang di pulau tersebut jebol. Apalagi di dekat titik tanggul yang kritis banyak rumah warga.

Dia trauman banjir tahun 2007 lalu yang memporak-porandakan wilayah kecamatan Kanor. "Waktu itu banyak rumah hancur diterjang banjir. Jalan umum juga rusak, saat itu banjir akibat tanggul sungai yang jebol," kata dia.

Ratusan warga juga personil TNI dan BPBD tampak bersemangat memikul karung berisi pasir, juga melakukan pengayaman gedek. Sementara sebagian personil BPBD melakukan penancapan pohon bambu di titik longsornya tanggul itu. (nur/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...