Rabu, 11 Desember 2019 06:51

​ Daripada Dihanyutkan Air Kali di Bojonegoro, Rumah Janda Dibongkar

Minggu, 27 April 2014 16:11 WIB
Editor: rosihan c anwar
Wartawan: eky nur hadi
​  Daripada Dihanyutkan Air Kali di Bojonegoro, Rumah Janda Dibongkar
gotong royong bongkar rumah janda. foto:eky nur hadi/BANGSAONLINE

Warem, janda beranak dua, itu tinggal sendirian di rumah berdinding kayu yang mulai lapuk itu. Dua anaknya tinggal di luar Bojonegoro. Sejak tebing Sungai Kaligandong longsor, perasaannya selalu waswas. Apalagi kalau anak Sungai Bengawan Solo itu banjir seperti saat ini.

"Terpaksa rumah dibongkar. Khawatir kalau terseret longsor dan masuk sungai," ucap Warem lirih, Minggu (27/04).

Jarak rumah Warem dengan tebing sungai yang longsor tinggal dua meter. Saluran pembuangan air yang berada di belakang rumahnya sudah masuk sungai. Begitu pula tanah pekarangannya seluas 20 meter x 10 meter sudah amblas terjun ke sungai. Tebing Sungai Kaligandong longsor sepanjang 90 meter dengan lebar 20 meter dan kedalaman 10 meter.

BOJONEGORO (bangsaonline)- Warem (48), warga RT 03 RW 05, Dukuh Korgan, Desa/Kecamatan Purwosari, tidak punya pilihan lain. Ia terpaksa membongkar rumahnya yang berada di tepi Sungai Kaligandong yang longsor. Ia khawatir rumahnya akan ikut terseret longsor dan hanyut dibawa derasnya air Sungai Kaligandong yang kini sedang banjir.

Warem berupaya sendiri mengatasi bencana alam itu. Tak ada uluran tangan atau bantuan sepeser pun dari pemerintah setempat. Ia membongkar sendiri rumah berdinding kayu itu dengan meminta bantuan dua orang dari warga sekitar.

"Sudah beberapa kali kami membuat laporan pada pemerintah desa sampai kabupaten, tetapi ya tidak ditanggapi. Sekarang kami tidak berharap lagi, ya harus berusaha sendiri," ucapnya.

Sebelumnya, Warem juga sempat meminta bantuan orang pintar meminta agar longsor tidak semakin parah. Ia pun dimintai uang Rp400.000 untuk berbagai persyaratan yang diminta oleh dukun tersebut. Sang dukun kemudian menancapkan beberapa batang pohon bambu di sepanjang tebing sungai yang longsor itu. Namun, longsor juga masih terus bertambah lebar.

Warga sudah pernah melaporkan bencana alam itu pada pihak Desa Purwosari dan Kecamatan Purwosari. Warga juga sudah pernah mendatangi dan melaporkan longsornya tebing Sungai Kaligandong itu pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pos Padangan. Namun, warga seperti dipingpong dan disuruh mengatasi sendiri masalah longsor tersebut.

"Pemerintah sepertinya tutup mata dengan longsor Kaligandong ini. Setiap kali kami melaporkan, kami selalu mendapatkan jawaban yang tidak enak," ujar Eni, warga lainnya yang tinggal di tepian Sungai Kaligandong.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...