Genjot Partisipasi Pilbup Ponorogo 2015, KPU Sosialisasi ke Pemilih Perempuan

Genjot Partisipasi Pilbup Ponorogo 2015, KPU Sosialisasi ke Pemilih Perempuan PAPARAN: Komisioner KPU Jatim Dewita Hayu Shinta saat sosialisasi Pilkada Ponorogo kepada pemilih perempuan, Kamis (26/11). foto: fajar/ BANGSAONLINE

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo terus berupaya meningkatkan partisipasi pemilih dalam pada 9 Desember 2015 nanti. Upaya itu dilakukan dengan menggelar sosialisasi tentang Pilbup, di antaranya dengan sasaran pemilih perempuan, yang terinci anggota organisasi wanita, mahasiswa serta jemaah Fatayat NU, Kamis (25/11).

Ketua KPU Kabupaten Ponorogo, Muh Ikhwanudin Alfianto SAg mengatakan, meski perbandingan jumlah pemilih laki-laki dengan perempuan tidak berbeda jauh, namun secara partisipasi lebih tinggi kaum perempuan.

“Pada dasarnya sosialisasi ini sangat berguna untuk masyarakat secara luas terutama pada sosialisasi yang hari ini (kemarin) diselenggarakan untuk pemilih perempuan, karena dikhawatirkan masih banyak yang belum tahu pelaksanaan Pilkada Ponorogo 2015,” ucapnya.

Kata Ikhwanudin, karena banyaknya perempuan yang masuk DPT, menurut dia sangat penting untuk mendapat sosialisasi tentang Pilkada Ponorogo yang akan berlangsung pada 9 Desember 2015 nanti. Kala sosialisasi, KPU mengajak seluruh organisasi wanita di 21 kecamatan di Ponorogo untuk meningkatkan perannya dalam mensukseskan Pilkada. Utamanya dalam meningkatkan partisipasi pemilih dan memberikan hak pilihnya dalam pelaksanaan Pilkada Ponorogo.

Komisioner KPU Jawa Timur Dewita Hayu Shinta, yang juga menjadi pemateri dalam sosialisasi tersebut, menyatakan, sosialisasi Pilkada kali ini, lebih mengarah ke peran pemilih, isu pilkada, kekhawatiran dalam proses Pilkada dan hakikat pemilu, tidak lagi fokus ke teknis pencoblosan pilkada. Harapannya, para perempuan yang tergabung dalam organisasi, dapat memahami dan dapat menyampaikannya ke lingkungan masing-masing. (jar/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO