KPU Lamongan Mulai Sortir Surat Suara, Dijaga Ketat Polisi

KPU Lamongan Mulai Sortir Surat Suara, Dijaga Ketat Polisi

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan mulai melakukan penyortiran surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lamongan yang bakal digelar 9 Desember mendatang, Kamis (26/11).

Sebanyak 200.000 surat suara yang sudah tiba lebih dahulu di kantor KPU Lamongan mulai dipilah-pilah oleh pekerja. Proses sortir surat suara ini dijaga ketat petugas kepolisian bersenjata lengkap. “Satu orang mendapat jatah satu box, satu box berisi 2000 surat suara,” kata salah satu petugas KPU.

Menurut keterangan, penyortiran surat suara dilakukan staf KPU dan 100 tenaga bantu di antaranya ibu-ibu, pemuda-pemudi dari kelurahan sekitar kantor KPU. "Kita melibatkan masyarakat sekitar untuk melakukan penyortiran surat suara kali ini," ujarnya seraya mengatakan hal itu dilakukan KPU untuk mengetahui kondisi surat suara.

"Sudah kita temukan ada yang memang kondisinya rusak," ujarnya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Petugas KPU yang dibantu petugas kepolisian, melarang petugas sortir untuk membawa tas miliknya. "Tas saya disuruh menyimpan di tempat lain, termasuk bekal makanan yang saya bawa," ujar Laila salah satu petugas sortir.

Sementara Komisioner KPU Kabupaten Lamongan Divisi Sosialisasi, Fatkhur Rohman mengatakan, surat suara yang disortir adalah sebesar 200.000. Jumlah surat suara itu merupakan surat suara yang sudah selesai dicetak. “Yang 200.000 kita sortir dulu sambil menunggu kekurangannya,” ujarnya.

Sedang sisa surat suara yang belum diterima KPU Kabupaten Lamongan, sebanyak 910.621 surat suara dari total 1.110.621 lembar. Diperkirakan surat suara akan tiba di Lamongan pada Jumat (27/11) besok.

Ditambahkan Fatkhur, KPU Lamongan menargetkan proses penyortiran paling lambat bisa selesai dalam waktu empat hari. “Untuk target 4 hari kita laksanakan dan harus sesuai dengan schedule akhir bulan ini sudah selesai," ujarnya. (lmg1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO