Ziarah ke Tebuireng, Menko Maritim: Gus Dur Orang Pertama yang Bentuk Menteri Maritim

Ziarah ke Tebuireng, Menko Maritim: Gus Dur Orang Pertama yang Bentuk Menteri Maritim Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli saat ziarah ke makam Gus Dur di Ponpes Tebuireng Jombang. foto: rony suhartomo/BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Kabinet kerja Rizal Ramli, mengaku bangga dan terharu terhadap sosok KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur. Hal ini disampaikan saat kunjungannya ke Pesantren Tebuireng Jombang, guna menghadiri acara wisuda Universitas Wahid Hasyim.

Rizal mengatakan, Kementerian Perikanan dan Kelautan merupakan ide pertama Gus Dur untuk melindungi kekayaan laut dan sumberdaya perikanan yang ada di Indonesia.

"Saat pemerintahan Gus Dur lah Kementerian Perikanan dan Kelautan dibentuk. Saat itu Sarwono Kusumaatmadja dilantik menjadi menteri pertama kali," ujarnya saat selesai ziarah di makam Gus Dur, Minggu (8/11/2015).

Rizal menambahkan, dirinya mengaku terharu dengan makam Gus Dur yang sangat sederhana, tidak mencerminkan kemegahan sebagaimana sosok makam tokoh nasional yang biasanya bersifat monumental.

"Sosok Gus Dur sama dengan makamnya yang mencerminkan kesederhanaan, walaupun demikian Gus Dur sudah ada di hati rakyat indonesia, dan akan tetap menjadi idola dari semua golongan tidak hanya kaum Nahdliyin saja. Bahkan ada yang beranggapan dan berkeyakinan Gus Dur sudah menjadi wali yang ke 10," imbuhnya. (ony/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO