Peserta Audisi Dangdut Academy 3 di Surabaya Membludak

Peserta Audisi Dangdut Academy 3 di Surabaya Membludak MEMBLUDAK: Suasana audisi DA3 di Gedung BK3S Jalan Tenggilis Surabaya yang membludak. foto: nisa/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Surabaya mendapat kehormatan menjadi kota pertama diselenggarakannya audisi Academy 3 yang diselenggarakan oleh salah satu televisi swasta. Antusiasme peserta sangat luar biasa, lebih dari 3 ribuan peserta.

“Tahun lalu saat audisi di Surabaya pesertanya 1800-an. Tahun ini lebih banyak,” ujar Wahyu Nursubiyakto, production manager ditemui disela audisi, Minggu (25/10). Ia juga melihat, peserta tahun ini lebih siap. “Dari penampilan, kualitas suara, sudah lebih baik dibandingkan audisi tahun lalu,” kata Wahyu lagi.

Ia berharap, peserta dari Surabaya pada audisi kali ini bisa tembus sampai ke 5 besar final. “Meski saya yakin, peserta di sini pasti tak hanya dari Surabaya dan sekitarnya saja. Pasti ada juga yang berdatangan dari luar Jatim. Saya berharap akan lahir juara dari Surabaya,” harapnya. 

Ditanya lebih jauh kenapa Surabaya dipilih jadi kota pertama audisi, dikatakan Wahyu, karena Surabaya lekat dengan musikalitas yang tinggi. Banyak penyanyi-penyanyi dangdut muncul dari Surabaya dan sekitarnya seperti Sidoarjo, Gresik, Pasuruan. Seperti Inul Darataista, Uut Permatasari, Dewi Persik, dan lain-lain. “Setelah Surabaya, kami akan lanjutkan audisi ke Banjarmasin, Medan, Semarang, Bandung, Makassar dan Jakarta,” sebutnya.

Ditanya lebih jauh mengenai audisi kali ini, Wahyu menyebut berbeda dibanding tahun lalu. Perbedaannya ada pada batasan usia, stage dan treatment, yang semuanya lebih grande. Tahun lalu, batasan usianya 15-27 tahun, sedangkan tahun ini dibatasi 15-28 tahun.

“Tata panggung dan pencahayaan akan kami buat lebih luar biasa dibanding sebelumnya. Kami tak hanya inginkan acara ini sekadar hiburan, namun juga edukasi (edutaimen). Kami tampilkan seni budaya para peserta. Seperti DA2 kemarin Danang yang menampilkan budaya Banyuwangian,” urainya.

Yang akan menjadi kriteria penilaian, selain kualitas vokal, juga karakter kepribadian, dan pengetahuannya mengenai musik dangdut. Selama audisi, peserta melalui beberapa tahapan/filter. Pada filter 1 mereka dinilai oleh juri lokal (20 juri). Jika lolos, harus melewati filter kedua dari tim, selanjutnya tahapan supervisi yang akan menyaring 25-30 peserta.

“Kami pilih yang memang berkualitas. Dari 25-30 orang ini, besok (26/10) akan diaudisi oleh Inul Daratista, Saipul Jamil dan Iis Daratista. Siapa yang dipilih para juri ini, akan dibawa ke Jakarta untuk ikut babak selanjutnya,” kata Wahyu lagi. 

Sementara, salah satu peserta asal Jember bernama Siti, kemarin nampak bak artis yang hendak manggung. Busana muslim warna biru yang dikenakannya terlihat bling-bling. “Saya baru pertama kali ikut audisi DA. Tapi pernah ikut audisi serupa di televisi lain tapi gak lolos. Padahal kata orang dan menurut saya sendiri, suara saya enak,” akunya.

Peserta lain, Rio asal Lumajang menuturkan dia berangkat subuh dari Lumajang menuju Surabaya. Berbekal sering menang ikut lomba di daerah, ia mencoba peruntungannya ikut audisi DA. “Kalau dari segi suara, sepertinya saya punya modal. Saya sempat down juga liat ribuan peserta yang hadir di sini. Tapi saya harus yakin. Tidak ada salahnya mencoba siapa tahu bisa lolos,” harapnya. (nis/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO