Tambang Galian C di Dumplengan Ngawi 'Makan' Area Pesawahan, Warga Minta segera Ditutup

Tambang Galian C di Dumplengan Ngawi Kondisi lahan penambangan galian C di Dusun Jurug, Desa Dumplengan, Kecamatan Pitu yang rusak dan mengganggu lahan pertanian. foto: agus honk/BANGSAONLINE

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Aktivitas penggalian pasir di Dusun Jurug, Desa Dumplengan, Kecamatan Pitu dikeluhkan warga setempat karena mengganggu lahan pertanian. Meski mendapat keluhan, namun kegiatan penambangan tersebut sampai sekarang masih berlangsung dan terkesan dibiarkan pihak berwenang.

“Setelah digali diambil pasirnya oleh penambang, pengairan sawah tidak stabil, cepat habis, dan cepat kering, kebetulan sawah kami berdekatan,” terang Supari, Minggu (18/10).

Pantauan BANGSAONLINE.com di lokasi, saat ini kawasan penggalian pasir sudah 'memakan' area persawahan. Dan tinggal beberapa beberapa meter lagi sudah masuk bibir Bengawan Solo.

Rahmad Didik Purwanto, S.Sos., Kepala Sat Pol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Ngawi mengatakan, wewenang untuk menutup tambang galian C itu ada di tangan kepolisian.

“Sekali lagi, wewenang penutupan galian C ilegal dan bila itu ada pelanggaran Undang undang, itukan kriminal, ya jelas aparat penegak hukum, Kepolisian, jadi itu bukan wewenang kami. Kami hanya penegak Perda,” terangnya.(nga1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO