Sabtu, 21 September 2019 21:24

Kualitas APK Pilkada Lamongan Ditengarai Berkualitas Jelek, Pemasangan juga Asal-asalan

Kamis, 01 Oktober 2015 23:16 WIB
Kualitas APK Pilkada Lamongan Ditengarai Berkualitas Jelek, Pemasangan juga Asal-asalan
ALA KADARNYA: Sejumlah APK paslon Pilkada Lamongan yang dinilai asal-asalan. foto: haris/BANGSAONLINE

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah kalangan mempertanyakan kualitas mutu Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang KPUD Lamongan. Pasalnya, APK yang berisi gambar pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Lamongan yang bertarung dalam Pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang ini banyak ditengarai berkualitas jelek.

Jeleknya APK yang terdiri dari banner dan umbul-umbul yang dicetak oleh KPUD ini mudah rusak, di samping itu pemasangannya terkesan asal-asalan. Seperti APK KPUD Lamongan yang dipasang di perempatan jalan antara jalan Sunan Giri-Kusuma Bangsa. Kondisinya nampak robek termasuk yang diikat di sejumlah pohon. Belum lagi banner yang dipasang di tepi jalan Raya Lamongan-Tikung yang hanya dipasang dengan cara dipaku dipohon.

"Masangnya kok asal-asalan dan gak profesional. Untuk umbul-umbul hanya diikatkan pada tiang bambu bekas sementara banner hanya dipaku atau diikat kawat," ungkap Nursalim (45) warga setempat.

“Mending kalau umbul-umbulnya dari tiang besi, ini dari bambu bekas. Apa memang gak ada biayanya sampai harus pake bambu bekas," lanjutnya.

Buruknya kualitas APK buatan KPUD Lamongan juga direaksi tim sukses paslon. Paslon Fadeli-Kartika Hidayati (Fakta) mempertanyakan rusak serta hilangnya APK. "Dari laporan yang kita terima tercatat beberapa kecamatan di Lamongan seperti di Kecamatan Sukodadi, Deket, Lamongan, Tikung dan banyak tempat ditemukan APK pasangan calon yang hilang dan rusak," ungkap anggota tim sukses (timses) Fakta, Khoirul Huda saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Kamis (1/10).

Pihaknya mempertanyakan komitmen KPUD selaku penyelenggara pemilu apalagi sesuai peraturan KPU bahwa pencetakan dan pemasangan APK merupakan tanggung jawab dari KPU termasuk pemenang tender APK tersebut.

"Kalau regulasinya KPUD maka harus segera mengganti APK yang hilang dan rusak tadi, jangan malah saling lempar tanggung-jawab kan pemenang tendernya ada, anggarannya sudah jelas," tandasnya.

Carut-marutnya APK milik KPUD ini juga disorot kalangan Panwaskab Lamongan.

Ketua Divisi SDM Panwaskab Lamongan Mustakim menyatakan ada beberapa kecamatan dan desa yang belum terpasang APK. "Ini yang membuat masyatakat tidak tahu kapan ada Pilkada termasuk pemasangan dipohon-pohon padahal hal ini tidak sesuai dengan perundang-undangan. Dan hal ini, merupakan tanggung -jawab dari KPU selaku penyelenggara pemilukada,” tandasnya. (ais/rev) 

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Sabtu, 21 September 2019 15:30 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...