Selasa, 15 Juni 2021 03:30

Di India, Jumlah Umat Islam Meningkat, Umat Hindu Menurun Drastis

Kamis, 27 Agustus 2015 19:32 WIB
Di India, Jumlah Umat Islam Meningkat,  Umat Hindu Menurun Drastis
Inilah salah satu masjid di India. Namanya Masjid Feroz Shah Kotla, tempat ibadah utama umat muslim di India walaupun bangunannya tua dan terbuka. Reuters/merdeka.com

BANGSAONLINE.com - Penduduk India selama ini dikenal menganut agama Hindu. Namun kini mengalami penurunan drastis. Sebaliknya, umat Islam justru mengalami kenaikan signifikan.

Channel News Asia pada 26 Agustus 2015 menyebutkan hasil survey terbaru bahwa penganut Hindu di India turun di bawah 80 persen untuk kali pertama sejak kemerdekaan. Sensus terakhir menunjukkan penganut Hindu turun menjadi 79,8 persen dari populasi negara itu yang sebesar 1,2 miliar penduduk pada 2011 dan 80,5 persen pada dekade sebelumnya.

Sebaliknya, jumlah warga negara beragama Islam di India meningkat menjadi 14,2 persen dari sebelumnya 13,4 persen pada 2001. Umat Kristen tetap pada 2,3 persen, dan umat Sikh jatuh ke 1,7 persen dari 1,9 persen.

Sakshi Maharaj, biksu Hindu yang beralih profesi menjadi politikus, memicu keributan awal tahun ini ketika mengatakan wanita Hindu harus melahirkan setidaknya empat anak untuk memastikan kelangsungan agama mereka.

BACA JUGA : 

Berkah Ramadan, Dua Penganut Kristen Masuk Islam, Belajar Gerakan Salat

​Dua Muallaf: Agus Murtad Karena Istri, Ronald Masuk Islam setelah Pelajari Banyak Agama

​Agama di KTP Diubah oleh Suami, Wanita Ini Pilih Cerai, Ikrar Syahadat di Masjid Al-Akbar

​Tanpa Iklan di Media, Tangguh Fajar Anugrah Masuk Islam

Dalam sensus pertama yang dilaksanakan setelah Inggris memisahkan India dengan Pakistan pada 1947, penganut Hindu sebesar 84,1 persen dari populasi India.

Dengan pengumuman data terbaru itu, kalangan media negara itu menganggap pemerintah mungkin sengaja menunda pengumuman data itu karena jelas menunjukkan peningkatan jumlah orang Islam.

Kalangan anggota parlemen dari partai penguasa yang dipimpin Perdana Menteri Narendra Modi sebelumnya sudah beberapa kali menyuarakan keprihatinan tentang peningkatan umat Islam di India.

TOLERANSI UMAT ISLAM

Umat Islam di India sangat toleran. Mereka sudah biasa bekerjasama dengan umat Hindu membersihkan Amrit Sarovar yang merupakan kolam suci bagi umat Hindu. Kolam ini sekaligus bagian dari kawasan Taman Nasional Hingol di Provinsi Baluchistan, Pakistan. 

Kegiatan yang bertajuk “Mission Clean Ganga” ini merupakan wujud toleransi antar umat beragama.

Seperti dilansir India Times, Rabu (26/8), Presiden Pakistan Hindu Seva Welfare Trust (PHSWT) Sanjesh Dhanja mengatakan dua rekan Muslim-nya turut membersihkan kolam suci Sarovar dari kotoran sampah yang ditinggalkan para wisatawan di lokasi yang dianggap suci oleh umat Hindu tersebut.

Menurut Sanjesh, upaya pembersihan kolam suci Sarovar sebagai bagian dari kawasan taman nasional tidak hanya menjadi tugas umat Hindu, tetapi juga masyarakat Pakistan lainnya.

"Sarovar tidak hanya tempat penting untuk umat Hindu, itu adalah tugas dari setiap warga Pakistan untuk menjaga negara agar tetap bersih. Taman nasional adalah warisan yang harus kita lestarikan untuk generasi muda kita. "

ARTIS PINDAH AGAMA

Tren pindah ke agama Islam memang meningkat di India, termasuk di kalangan artis. Aktris muda India yang terkenal, Monica, bahkan memutuskan untuk meninggalkan kehidupan keartisannya, memilih untuk memeluk Islam. Ia mengenakan busana Muslimah dan keluar dari industri film, Times of India melaporkan pada Sabtu, (31/5/2014).

”Saya memeluk Islam bukan karena alasan cinta atau uang, saya bukan orang yang seperti itu. Saya suka prinsip-prinsip Islam sehingga saya memutuskan untuk menjadi Muslim,” katanya dikutip oleh Muslim Mirror.

“Selanjutnya saya tidak akan bermain dalam film, hal ini menyakitkan, tapi saya tidak akan mengubah pikiran saya,” tambah aktris muda tersebut.

Menurut media India, keputusan Monica ini diumumkan pada saat konferensi pers pada Jum’at (30/5) di mana ia merilis foto yang menunjukkan dirinya mengenakan busana Muslimah.

Mengubah namanya menjadi MG Rahima, dia tidak mengungkapkan alasan di balik keputusannya untuk memeluk Islam.

Monica memulai karirnya sebagai artis anak di Tamil bioskop dan telah bermain di lebih dari 50 film, dia juga populer di industri film India Selatan lainnya seperti Telugu, Malayalam dan Kannada.

Monica juga pernah memenangkan Tamil Nadu, suatu penghargaan yang diberikan oleh negara kepadanya atas prestasinya sebagai aktor anak terbaik untuk penampilannya dalam Vijaykanth yang dibintangi En Aasai Machan.

Pada tahun 2001, Monica telah merubah namanya menjadi Paravana untuk industri film Malayalam. Aktris ini terakhir terlihat dalam film Tamil Jannal Oram, yang dirilis pada Novermber 2013.

Monica bukanlah selebriti India pertama yang memutuskan untuk memeluk Islam tahun ini.

Sebelumnya pada bulan Februari, laporan mengatakan bahwa dua musisi India telah mengambil keputusan yang sama untuk memeluk ke Islam. (tempo/rmol/Arrahmah)

Sumber: tempo/rmol/Arrahmah
Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...