Tahun Depan PNS Gajian 14 Kali, Tapi tak Ada Kenaikan Gaji

Tahun Depan PNS Gajian 14 Kali, Tapi tak Ada Kenaikan Gaji

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Tahun depan pemerintah akan memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada pegawai negeri sipil () serta Anggota TNI/Polri. Dengan demikian, para abdi negara akan gajian 14 kali mulai tahun depan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani mengatakan, selain THR, juga dapat gaji ke-13 dan gaji bulanan tiap bulan. Namun gaji pokok tidak akan naik tahun depan.

"Enggak ada kenaikan gaji pokok, tapi kita berikan THR satu bulan gapok (gaji pokok) untuk supaya lebih efisien dan tidak punya risiko unfunded atau THT (potongan Jaminan Hari Tua), sehingga jangka panjangnya lebih murah. Itu efektif untuk membantu real income-nya ," kata dia ditemui di kantor BKPM, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (14/8).

Menurut dia, jika bentuknya kenaikan gaji, maka bisa terpotong oleh kebutuhan dana pensiun yang dikelola oleh PT Taspen (Persero). Para yang sudah pensiun juga akan dapat THR.

"Insya Allah tapi tidak full (penuh), karena kemampuan fiskal terbatas. Karena selama ini pensiun kalau naik gapok tidak setinggi , tapi sudah lumayan buat bantu pensiun juga," ujar dia.

Selama ini, kata Askolani, kenaikan gaji selalu kena potong dana THT tiap bulan. Bila ada kekurangan, maka akan ditutupi oleh pemerintah menggunakan APBN.

Lihat juga video 'SNG Cargo: Warna Baru Industri Logistik di Indonesia':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO