Sabtu, 21 Juli 2018 10:56

Aktivis di Blitar Tolak Perpanjangan Pendaftaran Pilkada

Senin, 10 Agustus 2015 23:40 WIB
Aktivis di Blitar Tolak Perpanjangan Pendaftaran Pilkada
Tampak ratusan massa GPI saat mendatangi kantor KPU Blitar. (foto: tri susanto/BANGSAONLINE)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ratusan aktivis menolak Rekomendasi Bawaslu tentang kembali dibukanya tahapan ketiga Pendaftaran Calon Bupati Dan Wakil Bupati Blitar 2015.

Sebagai bentuk penolakan, aktivis melakukan aksi di depan Kantor KPU Kabupaten Blitar, sekitar pukul 11.00 wib, di Jl Sawahan Pojok Garum Blitar. Aksi ini mendapatkan pengawalan secara ketat dari Polres Blitar, Senin (10/8) siang tadi.

“Kembali dibukanya pendaftaran Cabup Cawabup ini menunjukkan lembaga penyelengara Pemilu ini tidak saling menghormati tugas, wewenang dan kewajiban masing-masing sesuai dengan UU 15/2011 tentang Penyelenggara Pemilu,” kata ketua kelompok aktivis, Joko Prasetyo, yang mendatangi Kantor KPU Kabupaten Blitar membawa massa kurang lebih 100 orang. Mereka berasal dari Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Pembaharuan Indonesia (GPI).

Komisioner KPU Provinsi Jatim Divisi Perencanaan, Anggaran dan Logistik KPU Provinsi Jawa Timur, Dewita Hayu Sinta usai menerima aksi dari ratusan aktivis ini, mengatakan pihaknya hanya sebagai penyelenggara dan hanya menampung aspirasi dari masyarakat.

“Sehingga aspirasi masyarakat Blitar ini juga akan kami sampaikan ke Pusat, adapun adanya aturan baru sesuai dengan SE KPU No : 449/KPU/VIII/2015 tentang Perpanjangan Kembali Pendaftaran Pikada, kami hanya melaksanakannya,” ujar Dewita.

Sementara menjelang hari terakhir perpanjangan Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Blitar, Juru Bicara Koalisi Rakyat Blitar Berjuang yang juga Ketua DPC PKB Kabupaten Blitar Maskur mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pembahasan dan koordinasi guna menentukan langkah berikutnya setelah adanya perpanjangan kembali sejak tanggal 9 Agustus kemarin.

“Karena banyaknya anggota koalisi, maka perlu dilakukan penyamaan persepsi dari seluruh anggota, dan kami tidak ingin memboikot Pilbup 2015, namun kami ingin Kabupaten Blitar menjadi yang lebih baik lagi. Sehingga harus bersabar untuk mendapatkan calon yang terbaik,” terang Masykur. (tri/ros)

Oleh: Suparto Wijoyo*
Rabu, 18 Juli 2018 16:49 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo* KABAR pating semliwer memenuhi angkasa dan terhelat dalam belantara bumi nusantara. Para petinggi dan penglamun kekuasaan sedang merancang skenario untuk dapat bertahan, tidak hendak beringsut, tak rela bergeser, apalagi l...
Selasa, 03 Juli 2018 04:36 WIB
Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Fa-idzaa jaa-a wa’du uulaahumaa ba’atsnaa ‘alaykum ‘ibaadan lanaa ulii ba'sin syadiidin fajaasuu khilaala alddiyaari wakaana wa’dan maf’uulaan (5).Teks ayat kaji ini jelas sekali, beta...
Sabtu, 21 Juli 2018 10:50 WIB
Assalamualaikum ustaz. Saya mau tanya, saya sudah dilamar bulan Februari lalu. Tapi, sampai bulan Juli ini sya belum dinikahkan juga dengan pria yang melamar saya tersebut. Padahal saya sangat ingin dinikahkan sesegera mungkin setelah khitbah. Pih...
Senin, 16 Juli 2018 20:00 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Kelapa yang berada di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban terus berbenah. Beberapa fasilitas penunjang di kawasan obyek wisata pantai tersebut dirombak dan ditambah guna meningkatkan day...