Minggu, 21 Oktober 2018 11:57

Aktivis di Blitar Tolak Perpanjangan Pendaftaran Pilkada

Senin, 10 Agustus 2015 23:40 WIB
Aktivis di Blitar Tolak Perpanjangan Pendaftaran Pilkada
Tampak ratusan massa GPI saat mendatangi kantor KPU Blitar. (foto: tri susanto/BANGSAONLINE)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ratusan aktivis menolak Rekomendasi Bawaslu tentang kembali dibukanya tahapan ketiga Pendaftaran Calon Bupati Dan Wakil Bupati Blitar 2015.

Sebagai bentuk penolakan, aktivis melakukan aksi di depan Kantor KPU Kabupaten Blitar, sekitar pukul 11.00 wib, di Jl Sawahan Pojok Garum Blitar. Aksi ini mendapatkan pengawalan secara ketat dari Polres Blitar, Senin (10/8) siang tadi.

“Kembali dibukanya pendaftaran Cabup Cawabup ini menunjukkan lembaga penyelengara Pemilu ini tidak saling menghormati tugas, wewenang dan kewajiban masing-masing sesuai dengan UU 15/2011 tentang Penyelenggara Pemilu,” kata ketua kelompok aktivis, Joko Prasetyo, yang mendatangi Kantor KPU Kabupaten Blitar membawa massa kurang lebih 100 orang. Mereka berasal dari Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Pembaharuan Indonesia (GPI).

Komisioner KPU Provinsi Jatim Divisi Perencanaan, Anggaran dan Logistik KPU Provinsi Jawa Timur, Dewita Hayu Sinta usai menerima aksi dari ratusan aktivis ini, mengatakan pihaknya hanya sebagai penyelenggara dan hanya menampung aspirasi dari masyarakat.

“Sehingga aspirasi masyarakat Blitar ini juga akan kami sampaikan ke Pusat, adapun adanya aturan baru sesuai dengan SE KPU No : 449/KPU/VIII/2015 tentang Perpanjangan Kembali Pendaftaran Pikada, kami hanya melaksanakannya,” ujar Dewita.

Sementara menjelang hari terakhir perpanjangan Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Blitar, Juru Bicara Koalisi Rakyat Blitar Berjuang yang juga Ketua DPC PKB Kabupaten Blitar Maskur mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pembahasan dan koordinasi guna menentukan langkah berikutnya setelah adanya perpanjangan kembali sejak tanggal 9 Agustus kemarin.

“Karena banyaknya anggota koalisi, maka perlu dilakukan penyamaan persepsi dari seluruh anggota, dan kami tidak ingin memboikot Pilbup 2015, namun kami ingin Kabupaten Blitar menjadi yang lebih baik lagi. Sehingga harus bersabar untuk mendapatkan calon yang terbaik,” terang Masykur. (tri/ros)

Suparto Wijoyo
Rabu, 17 Oktober 2018 11:08 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DARI Malang menuju Bekasi. Begitulah aksi KPK dalam melakukan gerakan senyap OTT yang melibatkan para bupati kedua daerah itu. Simbul para koruptor kian menjalar dari daerah ke daerah untuk merapatkan barisan sambung-meny...
Sabtu, 20 Oktober 2018 19:42 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .  ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Menjadi viral saat ada rombongan umrah menyanyikan lagu Ya Lal Wathan, termasuk yang memb...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 29 September 2018 09:57 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 04 Oktober 2018 13:39 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gua Jenggung, begitulah nama yang diberikan kepada gua yang baru ditemukan di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.Saat melihat keindahan stalaktit maupun stalagmit di dalam Gua Jenggung, laksana berlibur ke T...