Jelang Idul Fitri, Lapas/Rutan di Jatim Tingkatkan Pengamanan

Jelang Idul Fitri, Lapas/Rutan di Jatim Tingkatkan Pengamanan Petugas dari BNNK Sidoarjo juga melaksanakan tes urine secara acak kepada pegawai dan warga binaan.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Timur mengintensifkan langkah-langkah keamanan di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) menjelang perayaan idul fitri tahun 2024.

Salah satu tindakan yang diambil adalah melakukan penggeledahan di kamar hunian serta tes urine bagi seluruh petugas keamanan dan narapidana.

"Kegiatan ini sudah dimulai di di Porong pada Jumat, 5 April 2024," ungkap Kepala , Heni Yuwono.

Heni menjelaskan bahwa langkah ini diambil untuk menjaga ketertiban dan keamanan menjelang perayaan idul fitri. Mengingat, narapidana memiliki risiko terbawa suasana euforia perayaan hari raya.

"Kita tidak ingin situasi euforia mengakibatkan mereka melanggar aturan keamanan dan ketertiban," tambah Heni.

Untuk memastikan keamanan dan ketertiban di dalam lapas dan rutan tetap terjaga, pihaknya akan meningkatkan pengawasan secara ketat.

Beberapa langkah yang diambil antara lain melakukan penggeledahan menyeluruh di kamar hunian, termasuk memeriksa ventilasi, saluran air, dan tempat penyimpanan barang milik narapidana.

Seluruh petugas keamanan dan narapidana juga menjalani tes urine untuk mendeteksi penggunaan narkoba atau zat terlarang lainnya.

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO