Antisipasi Penumpukan Lalu Lintas, Dishub Kota Mojokerto Andalkan ATCS

Antisipasi Penumpukan Lalu Lintas, Dishub Kota Mojokerto Andalkan ATCS Ruang ATCS Dishub Kota Mojokerto.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota menyiapkan sejumlah opsi untuk mengantisipasi lonjakan perjalanan mudik dan balik pada lebaran tahun ini. Upaya mengurai penumpukan arus lalu lintas tersebut yakni dengan menempatkan petugas di ruang kontrol CCRoom Area Traffic Control Sistem (ATCS).

Kepala Dishub Kota , Endri Agus Subianto, mengatakan bahwa di ruang alat pemberi isyarat lalu lintas, pihaknya mengendalikan 21 titik yang terdiri dari 12 simpang dan 9 titik simpang, serta ruas jalan dengan kamera pantau. 

"Tahun 2024 kami juga melakukan penambahan sebanyak 1 titik lokasi ATCS di simpang jalan Brawijaya jalan Prapanca dan kamera pemantau kondisi lalu lintas 3 titik di simpang jalan Empunala jalan Randugede, simpang jalan Mojopahit - jalan Raden Wijaya dan jalan Mojopahit - jalan Brawijaya)," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (26/03/2024).

Ia menyebut, Dishub Kota bakal menempatkan petugas pada pos terpadu untuk melakukan pengaturan lalu lintas jika pengendalian melalui ATCS sudah tidak dapat mengakomodir peningkatan volume lalu lintas. Caranya yakni dengan melakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas pada beberapa titik konflik untuk menghindari antrian kendaraan.

Berikutnya adalah melakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas pada beberapa titik konflik untuk menghindari antrian kendaraan. Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub memprediksi terjadinya lonjakan pada masa angkutan Lebaran tahun ini. 

Dari survei internal yang mereka gelar peningkatan laju arus mudik meningkat sebesar 45,67 persen. Sebagai langkah pengamanan Lebaran, Dishub akan menyiagakan petugas di pos pam Stasiun, pospam Sunrise Kota , pospam Sekarputih dan pos pam Rest Area Gunung Gedangan.

Untuk mengantisipasi kemacetan dalam kota, arus lalu lintas dari Surabaya ke arah Jombang dilewatkan melalui Jalan By Pass. Mertex-Jalan By Pass Sekarputih belok Kanan Jalan Empunala-Belok kiri Jalan Gajahmada-Jalan Pahlawan belok kanan Jalan R. Wijaya Jalan Mojopahit Selatan Simpang 3 Penarip belok Kiri-Jalan RA Basuni, Sooko keluar di Simpang 3 Jampirogo, Sooko lurus ke arah Jombang.

Dari Jombang ke arah Surabaya, kendaraan dari barat dimasukkan melalui Simpang 3 Jampirogo, Sooko (lurus) Jalan RA. Basuni, Sooko Simpang 4 TL DPRD Kabupaten Sooko (lurus)-Simpang 3 Penarip-Jalan Brawijaya-Simpang 4 Tribuana Tunggal Dewi-Simpang 4 Abah Yat-Simpang 4 Prapanca Belok ke kanan Jalan Kartini Jalan Taman Siswa Barat & Timur Belok-Belok ke kiri Jalan Gajah Mada-Jembatan Gajah Mada Belok kanan Jalan Raya Mlirip (Ajinomoto)-Belok ke kanan-Simpang 3 Mlirip (Rolak 3)-keluar di Simpang Tarik, Sidoarjo (belok kiri) Surabaya.

Opsi lain dari Surabaya ke arah Jombang, semua kendaraan dari arah Surabaya Kendaraan dari arah Surabaya (timur) di belokkan ke Simpang 3 Tarik, Sidoarjo (Belok Kanan)-Belok Kekiri Simpang 3 Mlirip (Rolak 3)-Jalan Raya Mlirip (Ajinomoto)-Jalan Raya Lespadangan-Jalan Raya Jalan Raya Gedeg (Belok Kekiri) Jalan Ry. PG Gempol Kerep menuju Tapen Ploso Jombang;

Jombang ke arah Surabaya, kendaraan dari Jombang dimasukkan melalui Simpang 3 Pasar Brangkal (Kedung Maling) Jalan Sambiroto Jalan Surodinawan belok kanan Jalan Tribuana Tungga Dewi Jalan Brawijaya Jalan Hayam Wuruk Jalan Mayjen Sungkono Belok Kanan Jalan Jati Kulon-Belok Kiri Jalan Raya Ijen-Simpang 4 Mertex Kabupaten . (yep/mar) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO