Disebut Mau Dongkel Cak Imin, Gus Yaqut: Gosip, Digosok Makin Sip

Disebut Mau Dongkel Cak Imin, Gus Yaqut: Gosip, Digosok Makin Sip Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Kemenag RI

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kembali menjadi sorotan publik. Kali ini terkait isu panas, yaitu upaya pelengseran A. Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dari kursi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (). Gus Yaqut – panggilan putra politisi KH Cholil Bisri Rembang Jawa Tengah itu –disebut-sebut ingin menggantikan Cak Imin sebagai ketua umum .

Sumber BANGSAONLINE.com mengungkapkan, sebenarnya bukan hanya Yaqut yang disebut-sebut bergerak untuk mendongkel Cak Imin. Ada juga nama Abdul Kadir Karding, anggota DPR RI dari .

Bahkan sumber itu juga menyebut ada nama salah satu petinggi PBNU terlibat untuk melengserkan Cak Imin. Mereka disebut-sebut telah dipanggil Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk berkordinasi tentang upaya pendongkelan Cak Imin itu.

Orang-orang dekat Cak Imin juga mengaku mendengar informasi ada utusan Istana yang mendatangi kiai-kiai NU di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Utusan itu menanyakan kemungkin dipimpin figur baru. Mereka mau mengusung Gus Yaqut sebagai ketua umum .

Benarkah? Gus Yaqut yang mantan ketua umum GP Ansor itu membantah akan menggantikan Cak Imin sebagai ketua umum .

“Itu gosip. Digosok, makin sip,” kata Gus Yaqut dikutip Majalah Tempo edisi terbaru, 25 – 31 Maret 2024.

Informasi lain menyebutkan Cak Imin akan memproyeksikan kakak kandungnya, Abdul Halim Iskandar sebagai ketua umum . Abdul Halim sekarang menjabat Ketua DPW Jawa Timur dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Cak Imin cukup lama menjabat ketua umum . Catatan BANGSAONLINE, Cak Imin menduduki kursi ketua umum selama 19 tahun, sejak Muktamar di Semarang pada 2025. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO