Rayakan HUT ke-70, GMNI Airlangga Bahas Pragmatisme Gerakan

Rayakan HUT ke-70, GMNI Airlangga Bahas Pragmatisme Gerakan

BANGSAONLINE.com - Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia () Komisariat Besar Airlangga turut memeriahkan peringatan HUT ke-70 dengan diskusi yang membahas gerakan dan pragmatisme. 

Selain kegiatan yang menjadi puncak acara, sebelumnya juga terdapat beberapa serangkaian agenda seperti buka bersama, serta aksi teatrikal yang diisi oleh para kader Airlangga. Dalam diskusi yang digelar pada Sabtu (23/3/2024) di Balai Pemuda Surabaya, Airlangga berupaya merefleksikan perjuangan dan pemikiran Marhaenis dalam era yang pragmatis. 

Sebab, arah gerak sebagai organisasi kepemudaan selalu identik dengan gerakan masyarakat akar rumput, sehingga dalam era yang serba pragmatis seperti saat ini, perjuangan menemui tantangannya.

“Gerakan, Finansial, dan Orientasi menjadi 3 aspek yang turut terdampak pada era pragmatis bagi para kader . Hal ini bahkan tidak jarang menjadi gerakan yang berorientasi pada finansial,” kata Ketua Komisariat FISIP , Ehren Dean Damanik.

Dengan kata lain, ia berupaya menekankan mengenai kondisi gerakan per hari ini yang cenderung penuh dengan massa bayaran. Ehren melihat, kondisi per hari ini juga disebabkan oleh mahasiswa atau aktor yang berada dalam gerakan bersifat semakin pragmatis, hanya mementingkan keuntungan kelompok atau individu belaka.

“Jangan salah teman-teman, per hari ini, kalau misal teman-teman melihat banyak muncul demonstrasi pemilu damai dan sebagainya. Fenomena tersebut meskipun belum terbukti, sudah menunjukkan bahwa massa bayaran dalam demonstrasi itu ada dan semakin banyak. Bahkan terkesan direproduksi oleh rezim sebagai massa aksi tandingan,” paparnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO