Operasi Pasar Murah Pemkab Kediri Hari Ke-10 di Kecamatan Ngasem Diserbu Warga

Operasi Pasar Murah Pemkab Kediri Hari Ke-10 di Kecamatan Ngasem Diserbu Warga Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri, Tutik Purwaningsih, saat ikut melayani pembeli. Foto: Muji Harjita/BANGSAONLINE.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kegiatan gelar pangan murah atau operasi pasar murah yang dilakukan Pemkab melalui Satgas pangan yang bersinergi dengan beberapa dinas dan juga Kecamatan sudah masuk kegiatan ke-10.

Operasi pasar murah itu diadakan secara bergilir mulai 28 Februari hingga 4 April 2024 di 26 kecamatan se-Kabupaten . Pada kegiatan ke-10, operasi Pasar Murah digelar di halaman Balai Desa Toyoresmi, Kecamatan Ngasem, Kabupaten , Jumat (15/3/2024).

Ada sejumlah bahan pokok yang dijual dengan harga dibawah harga di pasaran seperti, beras, gula, susu kaleng, madu, baju, lombok, bawang merah dan bawang putih serta kebutuhan pokok lainnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten , Tutik Purwaningsih, mengatakan, kegiatan ini digelar sebagaimana arahan Mas Bup (Bupati Hanindhito Himawan Pramana) untuk melaksanakan gelar pangan murah di seluruh wilayah kecamatan di kabupaten.

"Jadi memang pada bulan Ramadan dan juga menjelang hari raya Idul Fitri, sebagaimana arahan Mas Bup, bagaimana ketersediaan (pangan) dan harga tetap terpantau sehingga masyarakat tercukupi kebutuhan bahan pokoknya, sekaligus untuk menjaga stabilisasi harga maupun pasokan ketersediaan bahan pokok," kata Tutik, Jumat (15/3/2024).

Menurut Tutik, untuk gelar pangan murah kali ini, ada beberapa komoditas penting mulai seminggu terakhir ini, terpantau merupakan kebutuhan yang relatif naik harganya, seperti beras. Harga beras di pasaran memang sudah mulai turun, tapi masih di angka Rp.15 - Rp. 16 ribu/kg, di pasar murah ini beras SPHP dari Bulog dijual dengan harga Rp. 52.000 per 5 kg.

"Jadi masih sesuai dengan HET yaitu Rp.10.900/kg, kemudian ada telur ayam yang di pasaran per hari ini harganya Rp. 31 ribu-Rp.32 ribu, di sini kita jual Rp. 28 ribu /kg karena memang ada kerjasama dengan teman-teman peternak yang ada di Kabupaten ," imbuhnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO