Tak Perlu Bingung, Begini Cara Mudah Menemukan Arah Kiblat saat di Gunung

Tak Perlu Bingung, Begini Cara Mudah Menemukan Arah Kiblat saat di Gunung Foto: M. SULTHON NEAGARA/ BANGSAONLINE

BANGSAONLINE.com - Sholat merupakan bagian dari rukun Islam dan menjadi ibadah yang tak bisa ditinggalkan. Sebagai umat Islam, kita mempunyai kewajiban sholat 5 waktu dalam sehari.

Sedangkan yang menjadi kendala para pendaki adalah mereka sering kebingungan dalam mencari arah kiblat saat sedang di gunung. Untuk menjawab kebingungan ini, ada cara untuk menemukan arah kiblat ketika sedang mendaki gunung.

Cara Menemukan di Gunung

1. Manfaatkan Gadget

Cara yang pertama adalah cara yang paling mudah, karena di zaman sekarang semua orang memiliki smartphone. Pada umumnya di semua perangkat smartphone memiliki aplikasi kompas bawaan. Jika tidak, teman-teman bisa download terlebih dahulu di paly store atau app store.

Namun penggunaan smartphone masih memiliki kelemahan pada baterai. Jika baterai smartphone kalian habis, kalian tidak bisa menemukan arah kiblat, maka perlu membawa power bank untuk berjaga-jaga agar baterai kalian tetap terisi.

2. Membawa Kompas

Yang kedua teman-teman bisa menggunakan kompas analog. Alat ini banyak ditemui di toko outdoor atau toko online. Penggunaan kompas berbeda dengan smartphone karena tidak membutuhkan daya baterai, sehingga kalian bisa mencari arah kiblat di mana pun dan kapan pun tanpa takut kehabisan baterai.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO