Benarkah Ada Kecurangan Surat Suara Tercoblos Paslon 02 di TPS Banjarejo Tuban? Ini Klarifikasi KPU

Benarkah Ada Kecurangan Surat Suara Tercoblos Paslon 02 di TPS Banjarejo Tuban? Ini Klarifikasi KPU Cek Fakta dari narasi yang beredar soal surat suara yang sudah tercoblos Paslon 02 di Pilpres 2024 di Kabupaten Tuban

TUBAN,BANGSAONLINE.com - Beredar unggahan di media sosial yang bernarasi kecurangan 2024 yakni surat suara sudah tercoblos Paslon 02 di , Jawa Timur.

Unggahan tersebut berupa video yang merujuk pada Tempat Pemungutan Suara () 8, Desa Banjarejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten pada Rabu (14/2/2024).

Video tersebut diunggah di media sosial X (twitter) dengan caption sebagai berikut:

Salah satu bukti kecurangan di 08 Desa Banjarejo - Kecamatan Bancar, Kabupaten , Jatim. #PelanggaranPemilu #PrabowoGibranCurang #2024 #KPK #asalbukan02 #asalbukangibran

Penjelasan:

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten , Fatkul Iksan, membenarkan soal surat suara capres-cawapres yang sudah tercoblos.

Pernyataan itu disampaikan setelah melakukan klarifikasi ke petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di 08 Desa Banjarejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten .

"Benar, dan saat itu juga sudah dilaporkan ke kami. Sebagaimana prosedur dalam proses pemilihan, ketika ada surat suara rusak agar dilaporkan dan diganti. Setelah itu, (surat suara rusak) langsung diganti," kata Fatkul Iksan.

Melansir iNews, Ketua KPPS di 8 Desa Banjarejo, Kasiyati menjelaskan, kejadian tersebut murni kesalahan (human error) dan bukan kesengajaan.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO