Kasus IVD di Jombang Meningkat, 4 Orang Tewas

Kasus IVD di Jombang Meningkat, 4 Orang Tewas Plt Kepala Dinkes Jombang, Syaiful Anwar (tengah) saat konferensi pers. Foto: AAN AMRULLOH/BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Warga diminta untuk waspada saat musim penghujan tahun ini. Sebab, kasus IVD atau infeksi virus dengue terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Berdasarkan data RSUD serta Dinas Kesehatan (Dinkes) , tercatat sudah ada 331 pasien yang menjalani perawatan akibat IVD, dan 4 di antaranya meninggal dunia akibat demam berdarah dengue (DBD) per Februari 2024.

"Februari merupakan puncak angka kasus IVD, dari data yang kita miliki terdapat 331 kasus IVD, 4 pasien meninggal dunia antara lain 3 anak-anak, dan 1 dewasa," kata Plt Kepala Dinkes , Syaiful Anwar, Kamis (22/2/2024).

Hingga saat ini, ia mengatakan bahwa masih terdapat beberapa pasien IVD yang masih menjalani perawatan di RSUD dan RSUD Ploso, "RSUD terdapat 21 pasien yang terdiri dari 17 anak-anak dan 4 dewasa, di RSUD Ploso terdapat 1 pasien dewasa."

Dengan demikian, Dinkes mengimbau agar masyarakat selalu waspada dengan penyebaran penyakit yang disebabkan nyamuk aedes aegypti itu, serta selalu jaga kebersihan rumah dan lingkungannya masing-masing sebagai upaya pencegahan.

"Kita setiap Ju'mat sudah melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di seluruh wilayah kerja Puskesmas serta sosialisasi 3M kepada masyarakat. Yakni, menguras, menutup dan mengubur," urai Syaiful.

Bahkan, setiap keluarga diminta untuk rajin menguras bak mandi dan mengeringkan tempat-tempat penampungan air agar nyamuk tidak bisa bertelur pada tempat-tempat yang ada genangan air, dan terhindar dari demam berdarah.

"Tutup tempat penampungan air agar nyamuk tidak dapat bertelur pada tempat yang ada genangan air. Lalu, mengubur artinya mengubur sampah agar tidak menjadi sarang nyamuk," pungkasnya. (aan/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO