Aktivis Lingkungan Konsultasikan Soal Penebangan Pohon di Sumber Complang Kediri ke Kepolisian

Aktivis Lingkungan Konsultasikan Soal Penebangan Pohon di Sumber Complang Kediri ke Kepolisian Petugas Gabungan saat mengecek lokasi penebangan pohon di Sumber Complang. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI,BANGSAONLINE.com - dari Indonesia , akan berkonsultasi ke Polsek Plosoklaten, terkait penebangan beberapa pohon di , Desa Pranggang, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten .

Koordinator , Heri Deka, mengatakan, pihaknya menyesalkan sanksi yang diberikan kepada penebang pohon di sumber complang yang hanya disuruh mengganti pohon yang ditebang.

Padahal, lanjut dia, menebang pohon di kawasan sumber air itu dilarang dan bagi yang terbukti melakukan tindakan tersebut dapat dipidana seperti yang diatur dalam Perda Kabupaten Tahun 2017.

"Kami menyayangkan apabila pihak desa tidak mengetahui adanya Perda Kabupaten 2017 yang diperbarui 2021 tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh (dilakukan) di kawasan sumber air,"katanya, Selasa (20/2/2024).

Masih menurut Heri, pihaknya akan berkonsultasi ke Polsek Plosoklaten terlebih dulu terkait masalah ini. 

Pihaknya, akan minta petunjuk, apakah kasus ini memenuhi unsur pidana atau tidak.

"Kenapa kami akan berkonsultasi terlebih dulu, karena kami punya pengalaman saat melaporkan kasus serupa, ternyata tidak bisa ditindaklanjuti, katanya tidak memenuhi unsur pidana"tandasnya.

Ditegaskan Heri, bahwa di sumber Complang tersebut terjadi beberapa hari lalu yang mana terakhir ditebang adalah pohon kemiri berukuran besar. Sebelumnya ada juga pohon yang ditebang yaitu pohon waru dan mlinjo.

"Setelah mendapatkan informasi itu, kami langsung mendatangi lokasi untuk melakukan pengecekan. Hasilnya memang benar dan ada bukti dari kesaksian warga maupun bekas tunggak atau pohon yang ditebang,"pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, bahwa kasus penebangan 11 pohon, yang salah satunya pohon miri, di kawasan , pihak yang melakukan penebangan 'hanya' disuruh mengganti pohon yang telah ditebang.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO