Dikunjungi Mahasiswa Unair, PCNU Kota Surabaya Imbau Masyarakat Jaga Suasana Damai saat Pemilu 2024

Dikunjungi Mahasiswa Unair, PCNU Kota Surabaya Imbau Masyarakat Jaga Suasana Damai saat Pemilu 2024 Mahasiswa Unair saat berkunjung ke PCNU Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PC mengajak seluruh masyarakat di Kota Pahlawan mewujudkan suasana damai, adem ayem, dalam . Hal tersebut diungkapkan ketika menerima rombongan mahasiswa dari Universitas Airlangga ().

“Sudah rutin diselenggarakan setiap 5 tahun (Pemilu). Sehingga harus disikapi sebagai hajatan yang rutin, menjadi kebiasaan yang tidak perlu mengagetkan,” kata Ketua Tanfidziyah PC Kota , KH Umarsyah, saat dikonfirmasi, Senin (12/2/2024).

Karena itu, ia mengatakan bahwa Pemilu seharusnya berjalan dan berproses wajar-wajar saja, dan dihadapi wajar pula. Menurut dia, perbedaan pilihan merupakan keniscayaan.

“Perbedaan itu fitrah manusia. Termasuk perbedaan bahasa, perbedaan warna kulit. Sama seperti perbedaan keyakinan, ada perbedaan dalam pilihan politik,” ujarnya.

Tetapi perbedaan dalam pilihan politik, juga tergolong biasa-biasa saja. Bahkan, budaya di pondok pesantren , sering terjadi perbedaan dalam menentukan status hukum.

“Dalam bahtsul masail, dan berbagai halaqah, perbedaan itu biasa, selalu ada tasamuh (saling menghargai),” ucap KH. Umarsyah.

Tetapi tidak pernah terjadi, perbedaan berlangsung selamanya. Selalu ada waktu akhir. Kalau sudah ditemukan dasar hukum yang diakui lebih kuat, maka wajib disepakati. “Ketika sudah dicapai kesepakatan, maka perbedaan itu harus diakhiri,” pungkasnya.

Tak lupa dinyatakan, bahwa politik bagi , merupakan paradigma ber-kebangsa-an. Wujud dari kemerdekaan untuk mewujudkan kemaslahatan seluruh umat.

Wawasan politik kebangsaan, dinyatakan PC Kota saat menerima kunjungan audiensi mahasiswa . Kunjungan dalam rangka pemantauan Pemilu bertajuk 'Election watch 2024: International Student’s Exploration of Indonesia’s Trajectory to Democracy'.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO