Viral Warga Minta Rp200 Ribu Buat Nyoblos, Pegiat Medsos: Sudah Umum di Gresik

Viral Warga Minta Rp200 Ribu Buat Nyoblos, Pegiat Medsos: Sudah Umum di Gresik Unggahan di medsos seorang warga menenteng banner bertuliskan Nolak 50'an Kabeh Mundak Bosss....!!! 200 Tak Coblos"

GRESIK,BANGSAONLINE.com - Warganet, khususnya di Kabupaten , dibuat ramai soal aksi warga yang membentangkan banner bertuliskan "Nolak 50'an Kabeh Mundak Bosss...!!! 200 Tak Coblos".

Kini foto pemuda yang sedang menenteng banner tersebut di media sosial.

"Lagi , Mas, di ada postingan salah satu warga yang nolak dikasih uang serangan fajar Rp50 ribu, tapi minta Rp200 ribu baru mau mencoblos," ucap salah satu pegiat medsos di Kabupaten , Novantoro kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (31/1/2024).

Menurut ia, postingan itu sudah mendapatkan banyak tanggapan dan komentar dari warganet.

"Banyak pengguna medsos yang merespons dan menanggapi postingan, sehingga ," ungkap Direktur LSM Lembaga Pemantau Birokrasi ini.

Menurut Novantoro, munculnya banner tersebut sebagai bentuk ungkapan masyarakat, bahwa kondisi perpolitikan di tanah air hingga sekarang belum bisa lepas dari bayang-bayang .

Bahkan kata Novantoro, para politikus yang berkontestasi dalam pemilu 2024 secara terang-terangan menawarkan sejumlah uang kepada pemilih sebagai imbalan mencoblos.

"Sudah tak rahasia lagi itu, Mas. Sudah umum para calon politisi kita di Kabupaten datang ke rumah-rumah pemilih menawarkan sejumlah uang untuk mencoblos dirinya pada pemilu 2024. Ada yang nawarkan Rp50 ribu, Rp100ribu, Rp150 ribu per suara. Bahkan Rp200 ribu per suara secara paket (DPRD dan DPR RI)," ungkapnya.

Ia menambahkan, masyarakat sebenarnya mengetahui bahwa dilarang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu. Tapi kebiasaan adanya imbalan tiap even coblosan sulit dihindari di Kabupaten .

"Kalau saat ini mau menghilangkan money politik dalam kontentasi rasaya mustahil, masih sulit. Sebab masyarakat masih membutuhkan," pungkasnya. (hud/van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO