Dinobatkan sebagai Guru Bangsa, Mahfud MD Ngaku Berat, Siapa Saja Guru Bangsa

Dinobatkan sebagai Guru Bangsa, Mahfud MD Ngaku Berat, Siapa Saja Guru Bangsa Mahfud MD menyalami para relawan Mahfud Guru Bangsa (MGB) di di Jatim International Expo (JIE) Convention Exhibition Jalan A Yani 99 Surabaya, Sabtu (13/1/2024). Foto: dok.pribadi

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Puluhan ribu warga NU dari berbagai daerah di Jawa Timur, terutama yang berprofesi sebagai guru, termasuk guru ngaji, mendeklarasikan Moh Mahfud MD sebagai guru bangsa. Deklarasi itu sekaligus dukungan terhadap tokoh NU asal Madura itu sebagai Calon Wakil Presiden RI untuk mendampingi Calon Presiden Ganjar Pranowo.

Deklarasi itu disampaikan warga NU yang tergabung dalam relawan Mahfud Guru Bangsa (MGB) di Jatim International Expo (JIE) Convention Exhibition Jalan A Yani 99 Surabaya, Sabtu (13/1/2024).

Lalu bagaimana tanggapan Mahfud MD? “Bagi saya itu sangat berat,” kata Mahfud MD kepada puluhan relawan Mahfud Guru Bangsa (MGB) yang memenuhi gedung Jatim International Expo Surabaya yang berkapasitas 10 ribu orang itu.

Meski demikian Mahfud MD mengucapkan terima kasih kepada para guru yang telah menganugrahi gelar guru bangsa. "Saya mengucapkan terima kasih karena bagi saya penyebutan guru bangsa itu adalah satu kehormatan besar. Bahkan mungkin berlebihan, kalau saya mau dinobatkan sebagai guru bangsa," tegas Cawapres nomor 3 itu.

"Namun baiklah karena ini satu kehormatan, maka saya tidak menolak deklarasi hari ini yang sudah dideklarasikan," tambahnya.

Menurut dia, guru bangsa itu adalah orang yang bijaksana yang ucapannya didengarkan dan prilakunya jadi teladan.

Lalu siapa saja para guru bangsa itu? “Gus Dur, Cak Nur dan Syafi’i Ma’arif,” tegas Mahfud MD menyebut beberapa guru bangsa.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO