Api Besar Menyala di Lapangan Gas JTB Bojonegoro, Warga Sekitar Kaget dan Khawatir

Api Besar Menyala di Lapangan Gas JTB Bojonegoro, Warga Sekitar Kaget dan Khawatir Foto screenshot hasil rekaman video amatir warga sekitar Lapangan Gas JTB.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Warga sekitar Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB) di Kecamatan Ngasem, Kabupaten , Jawa Timur, Kamis (11/1/24) malam, berhamburan ke luar rumah melihat api berkobar. Api besar disertai suara gemuruh muncul di lokasi proyek gas tersebut.

Beberapa video amatir yang direkam warga memperlihatkan api berkobar pada Kamis malam. Dalam video tersebut warga yang merekam sambil menyebut orang satu kampung keluar rumah melihat api berkobar.

Sapani, Kepala , Kecamatan Ngasem, kepada wartawan mengatakan, pihaknya telah menerima pemberitahuan dari operator lapangan gas JTB. Kata dia, api besar itu disebabkan adanya aktivitas menaikkan produksi gas menuju ke maximum capacity.

"Dalam pemberitahuannya itu, ada potensi flaring akan lebih besar dari biasanya," katanya.

Namun sayangnya, aktivitas menaikkan gas dengan melakukan flaring atau pembakaran tersebut tidak disosialisasikan jauh hari sebelumnya kepada masyarakat sekitar. Baru Kamis malam pemerintah desa diberikan pemberitahuan oleh PT (PEPC).

Rahmat Drajat, Manager ComRel CID PEPC, membenarkan pihaknya sedang melakukan serangkaian kegiatan sebagai upaya menaikkan kapasitas produksi.

Kegiatan yang dijalankan ini mungkin dapat menimbulkan perubahan rona suara dan flare di area sekitar, namun masih dalam kapasitas normal operasi JTB.

"Dalam menjalankan operasi, kami mengacu pada standar operasional prosedur (SOP) yang mengedepankan aspek keselamatan, dengan tim siap siaga untuk mendukung kelancaran operasi," katanya, Jumat (12/1/24) pagi. (nur/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO