Dijamin Ampuh, 7 Umpan Terbaik untuk Mancing Ikan Mujair dan Nila

Dijamin Ampuh, 7 Umpan Terbaik untuk Mancing Ikan Mujair dan Nila Ikan Nila

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebelum memancing Ikan Mujair dan Nila ada baiknya memperhatikan beberapa tips dari kreator youtube ‘Kamus Mancing’

Dalam akun tersebut, ia membagikan 10 umpan terbaik untuk memancing Ikan Mujair dan Ikan Nila.

Diketahui, Ikan Mujair memiliki warna abu-abu kehitaman, namun ada juga yang berwarna kuning. Pada Umumnya, ikan ini memiliki ukuran sebesar lima jari, bahkan lebih besar, seperti yang ditemui di pasar.

Ikan Mujair sendiri, memiliki nama oreochromis mossambicus, pertama kali ditemukan di perairan Indonesia sekitar tahun 1039 dan hidup di Sungai Serang, dekat perairan pantai selatan, Blitar.

Selain itu, ikan yang hidup di air tawar seperti rawa-rawa, danau dan muara sungai ini, sangat digemari oleh masyarakat, karena memiliki rasa yang gurih dan harga yang cukup terjangkau.

Terkadang, ikan ini, juga mampu hidup di air payau, karena para pemancing pernah menemukan di tambak sekitar pantai, dan biasanya dibudidayakan bersama ikan bandeng.

Lantas, umpan apa saja yang cocok untuk ikan Mujair dan Nila?

1. Cacing merah

Cacing merah adalah umpan andalan untuk memancing ikan mujair dan tergolong umpan yang mudah didapatkan dan bagus untuk mancing karena tidak mudah sobek.

Menggunakan cacing untuk mancing ikan mujair yang paling jitu, namun tergantung spot yang akan dijadikan target mancing.

Apabila spot mancing banyak terdapat ikan betok, lebih baik mancing dengan cacing sawah, sebab untuk cacing merah sangat disukai oleh ikan betok dan mujair pun menjadi susah makan.

2. Udang

Pada umumnya jika memancing dengan menggunakan umpan udang, ikan akan lebih agresif jika dibandingkan dengan menggunakan umpan lainnya. Namun, terkadang hasil tangkapan juga lebih kecil atau mungkin juga tergantung keberuntungan.

Umumnya ikan mujair di air payau lebih mudah dipancing menggunakan udang atau rebon, namun jika Anda menggunakan umpan lumut lebih baik di air tawar seperti, rawa, waduk ataupun sungai.

3. Lumut

Spot mancing yang bagus dengan umpan lumut yang disarankan adalah yang mempunyai kedalaman lebih dari 50 cm.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO