Debat Capres-Cawapres Berbahasa Inggris, Yenny Wahid: Kita Punya Bahasa Persatuan

Debat Capres-Cawapres Berbahasa Inggris, Yenny Wahid: Kita Punya Bahasa Persatuan Yenny Wahid, Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional calon presiden-wakil presiden nomor urut 3 Ganjar-Mahfud MD saat ditemui awak media di Depok, Jawa Barat. Foto: Kompas.com

DEPOK, BANGSAONLINE.com - Yenny Wahid, Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional calon presiden-wakil presiden nomor urut 3 MD tak setuju jika debat capres dan di menggunakan .

Menurutnya, debat resmi yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus menggunakan Bahasa Indonesia, karena kesempatan tiap calon pasangan (paslon) menjabarkan program mereka.

"Kalau yang diadakan oleh KPU debat resmi ya Bahasa Indonesia saja. Kita punya bahasa persatuan kok. Debat itu kan adalah untuk mengungkapkan program-program yang akan diusung oleh paslon," kata Yenny kepada wartawan di Pondok Pesantren Assa'adah Wahid Hasyim, Depok, Kamis (7/12/2023).

Selain itu, lanjutnya, penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar saat berdebat dapat mencerminkan sikap nasionalis masing-masing paslon.

"Kita tingkatkan justru rasa nasionalisme masyarakat dengan debat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar," ujar dia.

Oleh sebab itu, jika menggunakan , kata Putri Gus Dur ini, digunakan saat forum-forum internasional saja.

"Jadi saya rasa kalau forumnya memang forum internasional boleh debat menggunakan . Pendiri negara kita susah payah menyatukan Bangsa Indonesia dengan menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, mari kita hormati itu," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO