Polisi Tangkap Pelaku Pencurian dengan Modus Pecah Kaca di Surabaya

Polisi Tangkap Pelaku Pencurian dengan Modus Pecah Kaca di Surabaya Polrestabes Surabaya ungkap aksi pencurian dengan modus pecah kaca yang memakan 8 korban mulai Oktober hingga November 2023.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pencurian dengan modus pemecahan kaca mobil berhasil diungkap Satreskrim Polrestabes Surabaya. Viralnya kejadian itu, sebanyak 8 korban mengalami kehilangan barang berharga saat disimpan dalam mobil.

Aksi pemecahan kaca mobil tersebut terjadi sejak Oktober 2023, sehingga Jatanras Satreskrim Polrestabes Surabaya melakukan penyelidikan dan pengejaran.

Dari penyelidikan itu, polisi berhasil menangkap satu pelaku berinisial VRD (40) asal Pamekasan, yang berdomisili di Surabaya, pada Senin (4/12/2023) dini hari.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Hendro Sukmono mengatakan pelaku berhasil ditangkap berawal dari wajah pelaku terekam CCTV saat melakukan aksi pecah kaca.

Saat melakukan pendeteksian keberadaan pelaku, pihak Unit Jatanras Polrestabes Surabaya menyelidiki dari alat sarana pecah kaca yang digunakan oleh pelaku.

“Jadi kita melakukan pendeteksian mulai dari rekaman cctv dan dimana pelaku ini membeli alat sarana yang dipergunakan untuk aksinya. Dari pembelian alat melalui belanja online, sehingga kita bisa mendeteksi keberadaanya alias pembelinya. Setelah kita cocokan wajah yang ada di cctv tempat kejadian ternyata ada kecocokan lantas kita tangkap,” ujar Hendro Sukmono, Selasa (5/12/2023).

Sebelumnya, terjadi telah terjadi aksi kriminal dengan modus pecah kaca sejak bulan Oktober hingga November 2023.

Korban pertama, terjadi di Taman Cokroaminoto, Tegalsari pada 4 Oktober 2023, sekitar pukul 20.30 WIB. Dalam kejadian tersebut, korban kehilangan Laptop Dell Inspiron.

Kemudian, kriminal itu juga terjadi di Restoran Al Hamra, Jalan Jaksa Agung Suprapto, pada Kamis (26/10/2023) sekitar pukul 21.00 WIB. Dalam kejadian itu, 6 buku tabungan, 1 kartu Asabri, 5 buah Flashdisk, 3 buah kunci rumah hilang dicuri, dalam aksi tersebut kerugian ditaksir hingga Rp2.000.000.

Ketiga, aksi kriminal di jalan Raya Dharmahusada Indah Surabaya, pada Kamis (26/10/2023) sekitar pukul 21.30 WIB. Dalam aksi tersebut, kaca mobil Toyota Raize pecah dan kehilangan 2 laptop dan 1 Ipad.

Kejadian berikutnya, terjadi di Samping Warung Nanda, Jalan Klampis Ngasem, Sukolilo, Selasa (31/10/2023) sekitar pukul 20.16 WIB. Dalam kejadian itu, Laptop Lenovo raib.

Lihat juga video 'Geger! Warga Banyu Urip Surabaya Temukan Mayat Bayi Saat Kerja Bakti':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO