PAN Awali Dukung Khofifah sebagai Cagub Jatim 2024

PAN Awali Dukung Khofifah sebagai Cagub Jatim 2024 Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) saat menyarahkan rekom kepada Khofifah Indar Parawansa dalam acara konsolidasi calon anggota legislatif (Caleg) PAN di Surabaya, Senin (4/12/2023). Foto: Pemprov Jatim

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Jabatan Khofifah Indar Parawansa sebagai gubernur Jawa Timur akan berakhir pada 31 Desember 2023. Sementara pemilihan gubernur atau Pilkada serentak akan dilaksanakan pada 14 Nopember 2024.

Meski kurang satu tahun, tapi Partai Amanat Nasional (PAN) sudah memberikan rekom kepada Khofifah Indar Parawansa sebagai bakal Calon Gubernur Jawa Timur (Cagub Jatim) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 mendatang.

Pemberian rekom itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) saat acara konsolidasi calon anggota legislatif (Caleg) PAN di Surabaya, Senin (4/12/2023). Menurut Zulhas, keputusan ini didasarkan pada wasiat almarhum KH Hasyim Muzadi, mantan Ketum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Tokoh Muhammadiyah itu juga mengaku melihat sendiri kemajuan Jawa Timur selama dipimpin Khofifah.Ia memuji kinerja Khofifah sangat baik. Karenanya, kata Zulhas, PAN secara bulat dan yakin kembali memberi dukungan terhadap Khofifah untuk maju kembali dalam Pilkada 2024 mendatang sebagai Calon Gubernur.

"Mudah-mudahan Insyaallah Ibu Khofifah akan terpilih untuk kedua kalinya," kata Zulhas.

Khofifah menyambut baik rekom yang diberikan Ketum PAN itu. Menurut dia, dukungan tersebut sebagai bentuk apresiasi atas kinerja dirinya selama memimpin Jawa Timur bersama Emil Dardak. Namun, Khofifah mengaku akan fokus terlebih dahulu menyelesaikan amanat rakyat sebagai Gubernur Jawa Timur yang akan berakhir pada 31 Desember 2023 ini.

"Terima kasih dukungan semua pihak untuk InsyaAllah maju kembali pada (Pilkada) 2024. Mohon doa semuanya, Insyaallah saya akan mengakhiri periode ini pada akhir Desember 2023," uajr Khofifah.

Pada Pilkada 2018, Khofifahyang berpasangan dengan Emil Elestianto Dardak juga didukung oleh PAN bersama Partai Demokrat, Nasdem, Golkar, PPP, dan Hanura. Khofifah-Emil berhasil meraup suara sabanyak 53,55 persen atau 10.465.218 suara melawan pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Soekarnoputri. Khofifah menjadi Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur.

Untuk Pilgub 2024 belum jelas siapa calon wakil gubernur yang akan mendampingi Khofifah. (dev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO