BPBD Jember Gelar Apel Sekaligus Resmikan Tenda Edukasi Pendidikan Bencana

BPBD Jember Gelar Apel Sekaligus Resmikan Tenda Edukasi Pendidikan Bencana Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat meresmikan tenda edukasi pendidikan bencana.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - BPBD mengadakan apel gelar logistik peralatan dan peresmian tenda edukasi pendidikan bencana, Senin (4/12/2023). Kegiatan ini bertujuan agar setiap komunitas dan masyarakat memiliki ilmu dasar untuk tanggap serta sigap bila terjadi bencana.

Bupati , Hendy Siswanto, mengatakan bahwa agenda tersebut merupakan bentuk komitmen dari pemerintah daerah setempat, khususnya BPBD. Hal itu membuktikan, antisipasi kebencanaan harus terus disosialisasikan kepada masyarakat.

"Kegiatan ini adalah ikthtiar maksmial BPBD untuk menanggulangi bencana di ," ujarnya kepada awak media.

Ia pun menyebut, Keluarga Tangguh Bencana (Katana) juga diluncurkan hari ini, program perdana yang belum pernah diadakan di .

"Ini suatu terobosan yang patut diapresiasi, karena semua ini merupakan salah satu kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana," tuturnya.

Hendy berharap, semua unsur yang terlibat dalam kegiatan bisa merespons dengan baik, salah satunya dalah lebih tanggap dan sigap saat terjadi bencana. Sehingga, jumlah korban dapat diminimalisir.

"Tidak ada yang mengharapkan adanya bencana, tapi adanya apel ini agar masyarakat terbiasa ke arah evakuasi dengan waktu yang telah ditentukan dalam menghadapi bencana," katanya.

Semua pihak juga diharapkan peka bila ada sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi. Bupati ingin simulasi kebencanaan digelar secara rutin agar bisa segera mungkin dapat melindungi diri sesuai dengan arahan petugas. (aji/yud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO