Capai 106 Persen, Produksi Minyak Jawa Timur 2023 Lampaui Target Pemerintah

Capai 106 Persen, Produksi Minyak Jawa Timur 2023 Lampaui Target Pemerintah Fasilitas produksi PGN Saka di Kawasan Industri Manyar, Gresik, Jawa Timur. Foto: Ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Realisasi produksi minyak Jawa Timur dan Jawa Tengah tahun 2023 melampaui target yang ditetapkan pemerintah.

Capaian itu disampaikan , Kepala Perwakilan Jabanusa (Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara) kepada 35 jurnalis media nasional saat kunjungan di fasilitas produksi , Kawasan Industri Manyar, Gresik, Jawa Timur, Senin (27/11/2023).

Menurut , produksi minyak di Jatim dan Jateng sebesar 193 ribu BOPD dari target yang ditetapkan sebesar 181 ribu BOPD. Untuk di Jawa Timur, produksi minyak mayoritas berasal dari 11 KKKS yang beroperasi di wilayah Bojonegoro, Gresik, dan Pulau Madura.

"Produksi dan lifting minyak Jawa Tengah dan Jawa Timur sampai saat ini mencapai 106 %," kata .

Sementara untuk gas, potensi produksi atau lifting juga mencapai target. Namun, kemampuan serapan gas oleh buyer atau pembeli Jawa Tengah dan Jawa Timur masih belum optimal karena produksi gas oversupply.

Dalam kunjungan tersebut, para awak media mendapat penjelasan proses dan fasilitas produksi migas yang berlokasi di Gresik.  sendiri memiliki fasilitas produksi di laut (offshore) dan di darat (onshore)

"Dari laut, sesuai alur mengalir terus minyak dan gas hingga ke fasilitas produksi onshore," kata Sulistyo Handoko, Plant Manager.

"Selain minyak dan gas, kami juga melakukan hilirisasi dengan memproduksi LPG yang kapasitasnya 150 ton per hari, sehingga membantu pemerintah dalam mengurangi impor LPG," papar Handoko.

Selain menyampaikan tentang fasilitas produksi migas, dan juga memaparkan program pengembangan masyarakat di kawasan wilayah kerja migas. Dengan konsep living in harmony, melalui program pengembangan masyarakat (PPM) yang dijalankan dan . (red)

Sumber: Humas SKK Migas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO