Puluhan Ribu Nahdliyin Hadiri Istighosah Kubro di Stadion R. Soedarsono Bangil

Puluhan Ribu Nahdliyin Hadiri Istighosah Kubro di Stadion R. Soedarsono Bangil Istighotsah kubro di Stadion R. Soedarsono yang digelar PCNU Bangil dihadiri puluhan ribu nahdliyin.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan ribu nahdliyin atau warga NU dari 6 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan menghadiri acara istighotsah kubro yang diselenggarakan oleh , Ahad (26/11/2023).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Harlah 1 Abad NU sebagai bentuk syiar kepada masyarakat bahwa merupakan generasi awal yang didirikan oleh KH. Abdul Wahab Hasbullah.

Jumlah peserta istighotsah yang hadir di Stadion R. Soedarsono Bangil diperkirakan mencapai 99 ribu orang. Para jemaah yang hadir tidak hanya orang tua, tetapi anak-anak muda juga turut hadir, termasuk pengurus dan anggota banom NU. Mulai dari Pagar Nusa hingga IPNU-IPPNU.

Ketua DPRD M. Sudiono Fauzan yang hadir dalam acara tersebut saat dikonfirmasi menjelaskan tujuan istihgotsah kali ini untuk menysiarkan NU agar bisa memberikan manfaat kepada masyarakat/umat.

Istighotsah juga dalam rangka mendoakan keselamatan bangsa jelang pelaksanaan pemilu 2024 agar berjalan dengan sukses dan aman.

“Kegiatan ini pertama kali digelar oleh PCNU, dan event besar yang dihadiri hampir 100 ribu jemaah sesuai laporan dari pantaun panitia. Untuk jemaah yang hadir dari MWC NU 6 kecamatan,” jelasnya.

Panitia juga menyiapkan puluhan personel kesehatan yang diturunkan ke lapangan untuk mengantisipasi mana kala ada peserta yang butuh pertolongan medis, mengingat jemaah yang hadir sangat besar.

“Alhamdulillah, tidak ada peserta yang sakit atau mengalami sesak napas. Kita siapkan 40-50 dokter dan 9 ambulans yang kita siapkan di lokasi. Dokternya dari puskesmas, RS Masytoh, juga dari dokter lembaga kesehatan PCNU sendiri,” jelas Dr Andi Rahmansyah.

Untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas, panitia bersama dengan petugas Satlantas Polres Pasuruan menyiapan sejumlah titik parkir. Di antaranya di Bangkodir (khusus mobil), halaman sekolah (khusus roda dua), serta menutup sementara akes jalan menuju stadion dan mengalihkan ke jalur lain. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO