Anggota DPRD Jatim ini Sebut Gelar Pahlawan KH Abdul Chalim Kebanggaan Masyarakat dan Nahdliyin

Anggota DPRD Jatim ini Sebut Gelar Pahlawan KH Abdul Chalim Kebanggaan Masyarakat dan Nahdliyin Anggota DPRD Jatim, Deni Prasetya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah telah menetapkan 6 pahlawan nasional yang prosesi resminya dilaksanakan di istana negara. Mereka adalah Ida Dewa Agung Jambe (Bali), Bataha Santiago (Sulawesi Utara), M. Tabrani (Jawa Timur), Ratu Kalinyamat (Jawa Tengah), KH. Abdul Chalim (Jawa Barat), dan KH. Ahmad Hanafiah (Lampung).

Anggota DPRD Jatim, Deni Prasetya, ikut bangga atas gelar pahlawan untuk M. Tabrani yang diusulkan oleh . Ia pun mengaku bangga atas gelar pahlawan untuk KH. Abdul Chalim, walau gelar itu secara resmi diusulkan oleh Pemprov Jabar.

"Warga Jatim dan pasti ikut bangga dengan gelar pahlawan untuk . Beliau adalah salah satu tokoh pendiri yang punya kontribusi besar dalam keluarnya resolusi jihad dan ikut mengorganisir perlawanan laskar rakyat dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya," ujarnya, Minggu (12/11/2023).

Deni yang mengusulkan gelar pahlawan nasional untuk sejak 2 tahun lalu itu menambahkan, meski berasal dari Leuwimunding, Majalengka, Jawa Barat. Namun kiprah perjuangan ayahanda KH Asep Saifuddin Chalim pengasuh Ponpes Amanatul Ummah itu lebih banyak di Surabaya, Jawa Timur.

Karena itu, Deni melanjutkan, tak heran kalau Gubernur Khofifah ikut mendorong proses pengajuan gelar pahlawan nasional untuk Kiai Abdul Chalim. Demikian juga dengan tokoh Jatim lain, termasuk dirinya sebagai wakil rakyat di Jawa Timur.

" adalah salah satu pendiri . Mengingat catatan sejarahnya ada, bahkan beliau tercatat sebagai Katib Tsani dalam kepengurusan PB periode pertama. Kiai Abdul Chalim juga perintis Persatuan Guru (Pergunu) dan Koperasi ," paparnya.

Ia berharap, pascakeluarnya pengakuan gelar pahlawan nasional secara resmi oleh pemerintah. Ada tindak lanjut untuk menerbitkan literasi tentang dan para pahlawan nasional.

Menurut kader Ansor Jatim ini, penulisan di buku sejarah perlu dilakukan. Hal ini untuk menjadi sumber wawasan untuk para generasi muda. Dengan begitu, perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan bisa menjadi teladan bagi generasi selanjutnya.

"Langkah Gubernur Khofifah memasang foto dan M. Tabrani adalah langkah yang bagus dan bentuk pengakuan kepada para pahlawan dan keluarga mereka. Saya berharap foto para pahlawan itu juga dipasang di kantor-kantor instansi pemerintah, termasuk di DPRD Jatim," pungkas putra Haji Marzuki Abdul Ghofur, tokoh asal Kencong tersebut. (mdr/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO