Sebanyak 1.482 KPM di Kota Kediri Terima Bansos Sembako dan PKH Susulan Triwulan ke-3

Sebanyak 1.482 KPM di Kota Kediri Terima Bansos Sembako dan PKH Susulan Triwulan ke-3 Petugas Pos Indonesia saat melayani warga. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kementerian Sosial RI menyalurkan program bansos sembako dan program keluarga harapan (PKH) susulan untuk triwulan ke 3 tahun 2023 untuk 1.482 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Kediri, Kamis (19/10/2023).

Dari jumlah tersebut, perinciannya 459 KPM dari Kecamatan Kota, 520 KPM dari Kecamatan Mojoroto, dan Kecamatan Pesantren sebanyak 503 KPM. Seperti sebelumnya, bantuan sosial ini disalurkan melalui PT Pos Indonesia yang dijadwalkan mulai pagi hingga sore hari.

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri, Paulus Luhur Budi, mengatakan bantuan yang disalurkan hari ini diterima oleh penerima baru yang telah diusulkan oleh Pemerintah Kota Kediri ke Kementerian Sosial pada pertengahan tahun 2023. Pencairan triwulan 3 ini meliputi bulan Juli, Agustus, dan September.

“Dalam menentukan penerima bantuan, Pemerintah Kota Kediri melakukan pendataan melalui kelurahan, dengan syarat warga atau calon KPM telah terdaftar di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS),” jelasnya.

Menurut Paulus, ada 3 jenis KPM pada penyalurahan bansos ini. Yaitu penerima bansos sembako, penerima PKH, serta penerima bansos sembako dan PKH.

Baik penerima bansos sembako ataupun bansos PKH memang dapat menerima bansos lain dari Pemerintah Pusat, namun kriteria penerima ditentukan oleh berdasarkan data dari pusat data dan informasi (pusdatin) yang dikelola .

“Pemerintah Kota Kediri tidak bisa menentukan siapa dan menerima apa kalau untuk bantuan dari pemerintah pusat, tapi kita bisa menjamin jika warga yang telah menerima bantuan dari pemerintah pusat tidak akan menerima bantuan dari Pemkot Kediri,” jelasnya.

Dengan adanya 3 jenis KPM penerima ini, Paulus menjelaskan bahwa KPM yang menerima bansos hari ini mendapatkan jumlah uang yang berbeda. Untuk penerima bansos sembako menerima Rp200.000 per bulannya.

Lihat juga video 'Marah Lagi! Mensos Risma Bentak-Bentak Pendamping PKH, ini Tanggapan Gubernur Gorontalo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO