Ulama hingga Pejabat Bisa Hancur di Tengah Perjalanan, KH Imam Chambali: Kuncinya Keikhlasan

Ulama hingga Pejabat Bisa Hancur di Tengah Perjalanan, KH Imam Chambali: Kuncinya Keikhlasan Ilustrasi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Surabaya, KH. Imam Chambali, menjadi khatib di Masjid Al-Akbar Surabaya, Jumat (13/10/2023). Kali ini, ia membeberkan alasan mengapa seorang ulama, kiai, bahkan pejabat, bisa hancur di tengah jalan.

Kiai Imam mengutip surat Al-Hijr ayat 40, yang menyebutkan bahwa setan tidak akan bisa menggoda manusia yang ikhlas. 

Wahai iblis, apa keinginanmu? Iblis menjawab, saya akan menggoda anak Adam supaya manusia ikut saya masuk neraka. Manusia jumlahnya banyak, apakah kamu mampu menggodanya? Dijawab, ajma’in semua akan patuh, tunduk dan ikut saya ke neraka kecuali hambamu yang ikhlas ya Allah, orang yang ibadahnya semata-mata karena-Mu, melakukan apapun hanya niat mencari ridho-Mu, itu yang saya tidak bisa menggoda,” paparnya menafsirkan surat Al-Hijr ayat 40 di hadapan para jemaah.

Ia pun mengutip firman Allah dalam surat At-Thalaq ayat ke-2 yang berbunyi "Waman yattaqillaha yaj’allahu makhroja". Artinya, "Barang siapa yang benar-benar taqwa pada Allah, Allah akan berikan makhroja jalan keluar dari semua masalah yang sedang dihadapi, bukan hanya makhraja wa yarzuqhu min haitshu la yahtasib, Allah berjanji akan berikan rezeki yang datangnya tidak disangka-sangka," tuturnya.

Menurutnya, ketulusan dan ikhlas juga kunci mendatangkan rezeki. Seseorang yang tidak tulus ikhlas karena Allah, pasti akan hancur di tengah jalan.

"Pejabat yang gak ikhlas karena Allah pasti akan hancur. Seorang ulama, seorang kiai, seorang intelektual, kalau tidak tulus dengan ilmunya pasti dia akan hancur di tengah jalan," tuturnya.

Sebaliknya, jika menjadi apa saja asal dia ikhlas pasti barokah. "Walaupun mungkin secara kasat mata dia seperti orang yang sulit sukses, tapi kalau dia tulus bekerja karena Allah, berjuang karena Allah, mensyiarkan islam karena Allah, pasti hasilnya barokah, karena setan gak mampu menggodanya," lanjut Kiai Al-Jihad tersebut.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO