Rakornas P2DD 2023, Bank DKI Raih Predikat BPD Terbaik

Rakornas P2DD 2023, Bank DKI Raih Predikat BPD Terbaik Plt Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono, saat menerima penghargaan.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com dikukuhkan menjadi Bank Pembangunan Daerah (BPD) Terbaik dalam mendukung percepatan dan perluasan digitalisasi daerah tahun 2022. Pengukuhan ini dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) P2DD tahun 2023 di .

Plt Direktur Utama , Amirul Wicaksono, mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus berinovasi dan menjadi mitra yang handal dalam mendukung digitalisasi daerah, salah satunya dengan menyediakan solusi perbankan digital yang inovatif dan memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan.

“Prestasi sebagai BPD terbaik merupakan tonggak penting dalam perjalanan transformasi digitalisasi, dan tentunya menjadi esensi atas dedikasi dan kerja keras dalam mendukung digitalisasi di daerah, khususnya DKI ,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Rabu (11/10/2023).

Menurut dia, solusi perbankan digital yang ditawarkan kepada pemerintah daerah melalui elektronifikasi pengelolaan anggaran di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) melalui layanan Cash Management System (CMS). Dengan begitu, SKPD dapat memantau aktivitas transaksi penerimaan dan pengeluaran anggaran pada rekening secara mudah, real time, dan lebih akurat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyebut digital perbankan dengan sistem informasi menjadi hal yang penting dan perlu didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Soalnya, kata dia, pengelolaan keuangan daerah secara keseluruhan ada di BPD.

“BPD ini penting untuk menyediakan layanan yang mendukung digitalisasi pajak dan retribusi daerah. Oleh karena itu digital perbankan dengan sistem informasi Pemda, BPD ini menjadi penting dan ini membutuhkan dukungan dari OJK,” kata Ketua Pengarah Satgas P2DD itu.

Lihat juga video 'Pencuri Handphone di Konter Pulsa Tanjung Priok Terekam CCTV':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO