BI Kediri Gelar Road to Festival Ekonomi Syariah di Ponpes Lirboyo

BI Kediri Gelar Road to Festival Ekonomi Syariah di Ponpes Lirboyo Acara Pembukaan Road to Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Jawa Tahun 2023 di Aula Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kantor Perwakilan (BI) kembali menggelar Road to Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Jawa Tahun 2023 di Aula Muktamar dan Lapangan Pondok Pesantren , pada 21-22 September 2023.

Acara yang dapat dikunjungi oleh masyarakat umum tersebut menjadi bagian dari rangkaian FESyar Jawa dan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-10, sebuah agenda ekonomi dan keuangan syariah terbesar di tanah air.

Kepala Perwakilan , Moch. Choirur Rofiq, menyampaikan bahwa kegiatan tahun lalu, telah ditandatangani Komitmen Bersama untuk mewujudkan Kota sebagai Pusat Pengembangan Kawasan dan Ekosistem Halal antara , Pemkot , MUI Kota , Kadin Kota , dan UIN Satu Tulungagung.

“Pada kesempatan ini, kami ingin mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota , MUI, UINSATU, Kadin dan seluruh pihak terkait yang selalu berkoordinasi dan bersinergi bahu membahu mendukung capaian tersebut," ujarnya, Kamis (21/9/2023).

Beberapa program yang telah dilakukan sampai dengan tahun ini, lanjut Rofiq, di antaranya adalah Sertifikasi halal Rumah Potong Hewan (RPH) oleh Pemkot , Pelatihan Juru Sembelih Halal (JuLeHa) kolaborasi MUI Kota dengan Pemkot Kedoro, Pelatihan Penyelia Halal dan Pendamping Produk Halal.

"Kemudian, pemberian sarana dan prasarana untuk mendukung sertifikasi halal dan edukasi/sosialisasi melalui pendampingan intensif kepada UMKM oleh bersinergi dengan UINSATU dan berbagai pihak terkait,” tuturnya.

Menurut dia, kegiatan Road to Fesyar Kantor Perwakilan ini merupakan rangkaian kegiatan FESyar Regional Jawa yang akan dilaksanakan di Surabaya pada 29-31 September 2023.

Agenda tersebut, merupakan rangkaian panjang kegiatan edukasi, sosialisasi ekonomi dan keuangan syariah yang bertujuan untuk memotivasi serta meningkatkan pemahaman masyarakat untuk terus menerapkan prinsip dan nilai-nilai ekonomi, keuangan syariah yang berdimensi keadilan, transparansi, produktivitas, dan tata kelola yang baik.

Rofiq menambahkan, FESyar Jawa 2023 akan mendorong ekonomi syariah melalui penguatan sinergi dan invocasi ekonomi serta keuangan syariah melalui dukungan digitalisasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa yang inklusif.

"Untuk itu, mengajak masyarakat luas untuk turut mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, antara lain dengan mengikuti dan mengunjungi pagelaran acara Road to FESyar BI 2023," paparnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO