Polres Kediri Kota Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2023, Siap Wujudkan Kamseltibcarlantas

Polres Kediri Kota Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2023, Siap Wujudkan Kamseltibcarlantas Kapolres Kediri Kota AKBP Teddy Chandra saat menginspeksi pasukan.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - akan menggelar Operasi Zebra Semeru 2023 selama dua pekan mulai 4 sampai dengan 17 September 2023. Hal tersebut ditandai dengan dilaksanakan Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2023 di halaman Mapolres Kediri Kota, Senin (4/9/2023).

Kapolres Kediri Kota AKBP Teddy Chandra mengatakan Operasi Zebra Semeru 2023 mengambil tema "Kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas) yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024".

Operasi ini mempunyai tujuan untuk menurunkan angka kecelakaan yang cenderung ada peningkatan serta mendorong rasa disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Menurutnya, peningkatan jumlah penduduk menyebabkan kebutuhan akan transportasi lalu lintas semakin tinggi, sehingga membuat sarana dan prasarana lalu lintas terkendala. Kepadatan volume lalu lintas akan mengakibatkan akses sulit sehingga akan timbul kecelakaan dan kemacetan.

Berdasar data dari Ditlantas Polda Jatim, angka kecelakaan di Jawa Timur cukup tinggi dari periode Januari sampai Agustus 2023. Ada peningkatan 70,12 persen atau ada penambahan 38,25 persen dibanding periode yang sama di 2022, dengan 265 jiwa korban meninggal dunia.

Selain itu, masuknya tahapan pemilu 2024 akan meningkatkan aktivitas masyarakat. Kerawanan dalam hal lalu lintas adalah adanya kemacetan dan kecelakaan pada saat waktu kampanye, karena kurang kesadaran berlalu lintas dari peserta kampanye.

"Karena dalam pikiran mereka hanya euforia kampanye semata dan tidak memikirkan keselamatan diri dan orang lain," terangnya.

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO