Implementasi Kurikulum Merdeka, Kakankemenag Tuban: Guru Inspiratif Harus Kompeten dan Profesional

Implementasi Kurikulum Merdeka, Kakankemenag Tuban: Guru Inspiratif Harus Kompeten dan Profesional Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Guru dan Kepala Madrasah di Hotel FrontOne King Tuban, Minggu (3/9/2023).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan guru madrasah antusias mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembelajaran Inovatif pada Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Guru dan Kepala Madrasah di Hotel FrontOne King kabupaten setempat, Minggu (3/9/2023).

Kepala Kantor , Ahmad Munir menjelaskan, sosok guru inspiratif harus memiliki pedagogik yang dinamis. Yakni, dalam menjalani pengelolaan pembelajaran peserta didik, seorang guru harus memiliki keterbukaan terhadap teknik dan metode pembelajaran.

Selain itu, juga harus memiliki kompetensi profesional yang progresif, artinya dalam melaksanakan profesinya seorang guru harus meningkatkan kemampuannya dalam menguasai pengetahuan bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya yang diampunya.

"Selanjutnya memiliki kompetensi kepribadian yang kian matang. Dalam arti melaksanakan tugas kesehariannya seorang guru harus secara aktif mandiri dan berkelanjutan mengembangkan kepribadiannya menuju terwujudnya pribadi paripurna," lanjutnya.

Menurutnya, sosok guru inspiratif selanjutnya adalah memiliki kompetensi sosial yang efektif dan menjadi guru inspiratif sama dengan menjadi gurunya manusia, guru yang bisa memanusiakan manusia.

"Intinya sebaik apapun kurikulum jika gurunya tidak baik, tidak memiliki kompetensi yang memadai, jangan diharap proses pembelajaran akan menghasilkan tujuan pendidikan yang maksimal, kuncinya adalah guru, oleh karena itu kehadiran sosok guru harus memiliki kompetensi yang bagus," jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO