Syafiuddin Pimpin Upacara Kemerdekaan Komunitas Pemuda Kamal

Syafiuddin Pimpin Upacara Kemerdekaan Komunitas Pemuda Kamal Anggota Komisi V DPR RI, Syafiuddin Asmoro, saat memimpin upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI bersama para pemuda di Kamal, Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan pemuda gabungan komunitas di Kecamatan Kamal, , merayakan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dengan upacara. Meski terkesan sangat sederhana, upacara uang diikuti hampir 500 pemuda itu berlangsung secara khidmat. 

Anggota Komisi V , Asmoro, didaulat menjadi inspektur. Abah Syafi, sapaan akrabnya mengapresiasi kekompakan yang ditunjukkan oleh pemuda Kecamatan Kamal, meski hanya menggunakan kaos komunitas masing-masing, dapat secara khidmat mengikuti upacara kemerdekaan.

"Ini sungguh luar biasa, para pemuda bersatu untuk memperingati hari kemerdekaan. Semangat persatuan, ditunjukkan dalam mengenang kemerdekaan yang diwariskan melalui perjuangan pahlawan," ujarnya, Kamis (17/8/2023).

Menurut dia, sangat sulit untuk mengumpulkan pemuda dalam satu momentum yang luar biasa tanpa memandang kepentingan apapun. Semangat itu, diharapkan bisa menjadi pelecut bagi pemuda di wilayah lain, khususnya di .

"Ada ratusan pemuda yang berpartisipasi dalam upacara, mereka rela melepas kepentingan pribafi dan komunitasnya. Ini menunjukkan kesatuan, mengenyampingkan kepentingan demi ikut berpartisipasi memperingati hari kemerdekaan," tuturnya.

Melihat persatuan pemuda Kecamatan Kamal, , teringat ucapan Bung Karno 'Berikan aku seribu orang tua, akan ku cabut gunung dari akarnya, berikan aku 10 pemuda, akan ku guncang dunia".

"Kekompakan semacam ini, harus dipertahankan dan ditingkatkan. Mereka terdiri dari puluhan komunitas, rela melepaskan kepentingannya demi tujuan yang lebih baik," katanya.

Sementara itu Kordinator Pemuda Kamal, Bachtiar Pradinata, menjelaskan kegiatan yang diselenggarakan tanpa kepentingan dan embel-embel apapun. Acara itu, murni untuk memperingati jasa pahlawan.

"Ini murni untuk memperingati jasa pahlawan, mereka berjuang untuk merebut kemerdekaan dari penjajah. Semoga bisa menginspirasi bagi pemuda lain, utamanya dalam kepentingan bangsa," paparnya. (Fat/uzi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO