Tanamkan Jiwa Literasi Sejak Dini, IGRA Rengel Tuban Gelar Dongeng Keliling

Tanamkan Jiwa Literasi Sejak Dini, IGRA Rengel Tuban Gelar Dongeng Keliling Ikatan Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Rengel, Tuban, saat menggelar dongeng keliling di RA Al Birru, Desa Punggulrejo.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kecamatan Rengel bersama Perpustakaan Daerah (Perpusda)  menggelar dongeng keliling di RA Al Birru, Desa Punggulrejo, Rabu (16/8/2023). Sebanyak 342 siswa dari 9 lembaga Raudhatul Athfal (RA) kelompok A dan kelompok B sangat antusias mendengarkan cerita yang dibawakan oleh tim pendongeng dari Perpusda .

Selain itu, mereka juga gembira dengan ratusan buku cerita yang telah disediakan Perpusda . Terlihat, mereka berebut untuk mendapatkan buku cerita yang tertata di rak Mobil Dongeng Keliling (Modeling).

Ketua IGRA Rengel, Siti Umi Farida, berterima kasih kepada tim Perpusda, guru, dan wali murid, serta seluruh pihak yang mendukung kegiatan tersebut.

"Hari ini kegiatan dongeng keliling ini diikuti sebanyak 342 siswa dari 9 lembaga RA yang ada di Kecamatan Rengel," ujarnya.

Sementara itu, Pengawas RA Wilayah Kecamatan Rengel dan Grabagan, Muawanah, menjelaskan bahwa tujuan adanya dongeng keliling tersebut untuk mengenalkan kepada anak-anak supaya lebih gemar membaca atau bercerita melalui media buku-buku cerita sejak usia dini.

Dengan begitu, anak-anak akan lebih tertarik dan senang dalam pembelajaran melalui metode mendongeng atau membaca cerita.

"IGRA dan Perpusda yg telah melaksanakan MOU untuk mendukung kegiatan AMI khususnya bidang Literasi," jelasnya.

Dirinya menambahkan, dengan metode bercerita akan menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan akan lebih menarik siswa dalam pembelajaran. Kemudian, dengan menanamkan literasi sejak dini menumbuhkan minat belajar membaca dan menulis siswa. Sehingga, kelak saat dewasa mereka lebih gemar menulis bahkan bisa membuat buku sendiri dari kegemarannya membaca buku.

"Melalui buku kita bisa menambah pengetahuan dan bisa membuka dunia karna buku merupakan jendela dunia bagi mereka yang gemar membaca," tutupnya.(Gun) 22.39

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO