Bupati Malang Hadiri Pagelaran Wayang Kulit di Kasembon

Bupati Malang Hadiri Pagelaran Wayang Kulit di Kasembon Bupati Malang, Sanusi, saat menghadiri pagelaran wayang kulit yang digelar masyarakat Desa Kasembon, Kecamatan Bululawang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Bupati , Sanusi, hadir dalam pagelaran wayang kulit yang digelar masyarakat , Kecamatan Bululawang, Kamis (4/8/2023) malam.

Acara itu digelar dalam rangka merayakan bersih desa. Dalam agenda tersebut, bupati mendoakan warga sekitar diberi kesehatan, keselamatan, serta kemakmuran.

Ia mengatakan bahwa memasuki bulan Muharram atau yang juga dikenal dengan bulan Suro dalam penanggalan Jawa, masyarakat sering kali melaksanakan berbagai kegiatan spiritual. Setiap daerah, kata Sanusi, memiliki ciri dan keunikan yang khas dalam melaksanakan berbagai kegiatan di bulan Suro. Salah satunya seperti yang diadakan .

"Atas nama pribadi maupun Pemerintah Kabupaten , kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia bersih desa dan seluruh lapisan masyarakat yang telah berkontribusi terhadap kelancaran kegiatan pada malam hari ini," ujarnya.

Selain menjadi perwujudan rasa syukur atas segala nikmat dan rezeki yang dikaruniakan kepada seluruh masyarakat, kegiatan ini juga diharapkan menjadi penguat tali persatuan dan kesatuan antarmasyarakat.

"Semuanya tergantung pada cara mereka merayakan dan menghayati tradisi tersebut. Di antaranya melalui pembacaan sholawat dan pengajian, wayang kulit, nyadran, petik laut, dan larungan, juga berbagai tradisi bersih desa lainnya," kata Sanusi.

Mewakili Pemkab , Sanusi memberikan apresiasi penuh kepada seluruh pihak yang telah berupaya untuk melestarikan warisan budaya nenek moyang nan sarat akan nilai positif, serta kearifan lokal.

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO