Salah Satu Petugas Lapas Pemasyarakatan Terima Penghargaan dari BNPT

Salah Satu Petugas Lapas Pemasyarakatan Terima Penghargaan dari BNPT Penghargaan yang diberikan kepada salah satu petugas Lapas Surabaya oleh BNPT.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Salah satu petugas pemasyarakatan di Lapas Surabaya, mendapatkan, penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme () Awards pada Jumat (29/7/2023).

“Kami mengapresiasi penghargaan yang diterima pak Bambang, tentunya ini berkat dedikasi dan integritas yang diberikannya selama bertugas sebagai wali pemasyarakatan,” ujar Kakanwil , Imam Jauhari.

Imam mengatakan, penghargaan ini diberikan oleh karena menilai Bambang merupakan wali pemasyarakatan yang memberikan kontribusi yang besar dalam proses deradikalisasi terhadap warga binaan pemasyarakatan tindak pidana terorisme.

juga memberikan apresiasi atas kesetiaan dalam tugas yang beresiko tinggi serta hasil capaian yang nyata dalam pendampingan narapidana terorisme,” tutur Imam.

Imam menuturkan, hal ini harus menjadi teladan bagi petugas pemasyarakatan lain, mengingat saat ini, terdapat 21 narapidana kasus terorisme yang tersebar di 10 lapas di Jatim.

“Menjadi wali bagi narapidana teroris itu memang dibutuhkan keahlian khusus, lebih dari itu, agar dipercaya oleh napiter juga diperlukan integritas dan dedikasi, sehingga napiter percaya dan mau kembali lagi menyatakan ikrar setia NKRI,” jelas Imam.

Bambang mulai menjadi wali bagi narapidana sejak April 2007. Dan selama itu, dirinya telah mendampingi lebih dari 50 narapidana.

“Kami kerja ikhlas saja dan kami menjaga benar kepercayaan dari teman-teman narapidana teroris, hubungan silaturahmi juga masih terjadi sampai sekarang,” kata Imam.

Menurutnya, selama Bambang bertugas, sudah dua kali menerima penghargaan serupa. Diantaranya, penghargaan dari Ditjen Pemasyarakatan atas Peran dan Kepedulian sebagai Pembina Narapidana Kasus Terorisme (2017). Kemudian, dari Menkumham RI Kategori Karya Dhika Madya atas Keberhasilan Melakukan Deradikalisasi, Mampu Menjalin Komunikasi Sangat Baik serta Merubah Mindset Napiter di tahun yang sama.

Meski begitu, menurut pria kelahiran Surabaya itu, ada banyak sekali lika-liku saat mendampingi narapidana kasus teroris.

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

Lihat juga video 'Momen Haru Warga Binaan Lapas Ngawi Buka Bersama Keluarga':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO