Malam 10 Muharram 1445 H, Mahasiswa KKN IKHAC Mojokerto dan Warga Kunjorowesi Gelar Doa Bersama

Malam 10 Muharram 1445 H, Mahasiswa KKN IKHAC Mojokerto dan Warga Kunjorowesi Gelar Doa Bersama Khotmil Qur'an dan Dzikir bersama yang diikuti mahasiswa KKN IKHAC Mojokerto bersama masyarakat di Desa Kunjorowesi, Kecamatan Ngoro, saat malam 10 Muharram 1445 H.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Bulan Muharram menjadi momen istimewa, khususnya bagi umat islam di mana pada malam 10 Muharram 1445 H banyak terjadi peristiwa penting bagi peradabaan umat Islam.

Bertepatan Puncak Asyuro, sejumlah mahasiswa KKN IKHAC hadir dalam Khotmil Qur'an dan Dzikir bersama yang berlangsung di makam Bujuk Kowo (Sumber) Kunjorowesi, Jumat (28/7/2023) malam.

Ratusan warga hadir membaca Zikir dan Doa Asyura dipimpin secara langsung oleh Gus Mauhidin Ali beserta KH. Mas'ud selaku tokoh ulama kunjorowesi. Dalam sambutannya, Gus Mauhidin menjelaskan makna dari kitab ianah at Tholibin hlm. 266-267 yang menjelaskan tentang Amaliah yang dianjurkan pada Bulan Muharram.

"Ada 2 jenis amaliyah di Bulan Muharram, yaitu amaliyah mitos dan amaliyah bersumber langsung dari Nabi Muhammad SAW. Yang disebut dengan amaliyah mitos yakni memakai celak mata, mandi di pagi hari, memakai baju baru yang dalilnya berupa hadits dhaif (lemah), dan amaliyah yang bersumber dari hadis di antaranya memberikan keluasan rizki kepada keluarga khususnya istri dan anak, berbuat baik kepada anak yatim," paparnya.

Adapun beberapa peristiwa penting yakni mengenai kisah-kisah para nabi yang diberikan Allah SWT kemudahan, serta ampunan pada 10 Muharram. Seperti halnya kisah Nabi Yunus yang ditelan ikan paus pada saat bepergian dari wilayah dakwahnya tanpa menunggu wahyu dari Allah, dan keluar dari perut ikan paus dengan selamat.

Sementara itu, Andi Salah satu mahasiswa KKN IKHAC mendefinisikan agenda tersebut dikhususkan untuk keberkahan masyarakat di Desa Kunjorowesi, Kecamatan Ngoro, Kabupaten .

"Alhamdulillah malam ini kita sebagai mahasiswa KKN IKHAC bisa berkumpul dan silaturahmi bersama warga Kunjorowesi harapannya bisa mendoakan malam berkah ini dan mendapatkan dampak positif untuk meningkatkan kualitas sosial dan meningkatkan hubungan kepada Tuhan yang maha esa Allah SWT," ujarnya. (den/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO